Bencana Banjir, Pj Bupati Muara Enim Instruksikan Pendirian Posko di Setiap Kecamatan

Berita Utama1348 Dilihat

Muara Enim Sumselpost.co.id -Seusai rapat gabungan penanganan bencana banjir bersama Dandim, Kapolres, Baznas dan perangkat daerah terkait di Balai Agung Serasan Sekundang, Sabtu siang (13/01) Pj. Bupati Muara Enim, Dr. H. Ahmad Rizali, M.A., langsung turun meninjau beberapa lokasi terdampak banjir , yaitu Desa Tanjung Raman dan Desa Ujan Mas Ulu di Kecamatan Ujan Mas, serta Desa Pagar Dewa, Kecamatan Benakat. Selain melihat kondisi warga, dalam kunjungan tersebut Pj. Bupati juga menyalurkan berbagai bantuan tanggap bencana.

Pj. Bupati yang hadir bersama Dandim 0404 Muara Enim, Letkol. Inf. Nugraha, S.H., M.I.P., didampingi Asisten Pemerintahan & Kesejahteraan Rakyat, Drs. H. Emran Tabrani, M.Si., menjelaskan bahwa Pemkab. Muara Enim telah memetakan wilayah terdampak dan rawan banjir serta mengerahkan personel gabungan, baik dari perangkat daerah maupun TNI dan Polri dalam menghadapi bencana banjir.

Baca Juga  Semarak Ramadhan, Astra Motor Sumsel Hadirkan PADUKA’s

Dijelaskan setidaknya dalam tanggap bencana saat ini Pemkab. Muara Enim menyalurkan paket bahan makanan pokok berupa 5 Kg beras, 1 liter minyak, 1 Kg gula pasir, 1 kardus mie instan, 1 kardus air mineral, termasuk makanan penunjang bayi dan ibu hamil kepada warga terdampak. Selain itu Pj. Bupati juga menginstruksikan pendirian Posko bencana di setiap Kecamatan, menyiagakan Puskesmas, penyaluran air bersih dari PDAM maupun Damkar, serta pendirian dapur umum dan tenda pengungsi bagi desa-desa yang terdampak parah.

Baca Juga  Ketua KPU Muba Berkunjung ke Kecamatan Plakat Tinggi

Pj. Bupati-pun menghimbau masyarakat agar menjauhi aktivitas di sekitar sungai dan tetap waspada akan tingginya intensitas hujan beberapa hari kedepan. Melalui BPBD dan dinas terkait lainnya, Pj. Bupati akan segera menginventarisir dampak bencana, baik itu kerusakan rumah, jembatan maupun fasilitas umum lainnya, termasuk lahan pertanian dan perkebunan. Dirinya memastikan Pemerintah daerah akan selalu hadir bersama masyarakat dalam menghadapi musibah banjir tersebut.(JN”)

Komentar