Zulkarnain Peduli Budaya, Caleg Kota Palembang Ini Gelar Kesenian Dulmuluk

Berita Utama310 Dilihat

Palembang, Sumselpost.co.id – Penggiat sosial budaya Zulkarnain menggelar Kesenian Dulmuluk , bertemankan Zulkarnain Peduli Budaya di gelar di kolam pemancingan Ajong yang beralamat di Jalan Mayor zen, Lorong Mupakat, Gang Mupakat 4, Kecamatan Kalidoni Palembang, Rabu (7/2) siang.

Kesenian Dulmuluk yang di bawakan oleh Sanggar Dulmuluk Harapan Jaya dengan membawakan cerita berjudul Pangeran Surya.

Masyarakat setempat terlihat sangat antusias mendengarkan rangkaian cerita yang disampaikan oleh para pemain, karena cerita yang dibawakan diwarnai dengan humor dengan diiringi musik orgen yang kian menguatkan alur cerita, beberapa bahasa lokal yang jarang terdengar dipakai dalam dialog para pemain menambah semarak penonton yang menyaksikannya.

Apalagi lakon yang dibawakan para pemain mampu membuat gelak tawa penonton.
Para pemainnya terdiri dari Maliki, Dedi, Saleh , Jonhar, Lilis , Bob Ibrahim, Sani, Randi juga mampu bermain memukau sehingga para penonton tidak beranjak dari tempat duduknya.

Baca Juga  Caleg Partai Golkar Di Muba Akhiri Masa Lajangnya

“Kita menggelar teater dulmuluk bangsawan dengan tema tersebut, karena kita melihat Kesenian di Palembang hampir punah, khususnya dulmuluk,” kata Penggiat sosial budaya Zulkarnain di sela-sela acara.
Untuk itu, ia menggelar kegiatan tersebut dengan menggandeng budayawan maupun pelaku seni lainnya untuk dapat menggelar kegiatan ini.

“Kita buka secara umum untuk masyarakat, sehingga kita harapkan dulmuluk ini dapat digemari masyarakat hingga generasi berikutnya,” katanya.

Selain itu, Zulkarnain menuturkan, bahwa dalam kegiatan itu, ia juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat sekitar tempat kegiatan Teater dulmuluk bangsawan.

Baca Juga  Kondisi Sungai Enim Masih Memprihatinkan, Aktivis Muara Enim Desak DLH Bertindak Tegas

“Saya juga mensosialisasikan diri saya sendiri yang mencalonkan diri sebagai Caleg DPRD Kota Palembang Dapil 4 dengan wilayah Kalidoni, Sako dan sematang borang,” katanya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana yang juga Budayawan kota Palembang , Vebri Al Lintani mengatakan, bahwa kegiatan yang digagas oleh Zulkarnain ini sangat luar biasa.

“Kita sangat mendukung dan apresiasi, hingga kita pun terlibat dalam kegiatan yang diadakannya ini untuk melestarikan seni dan budaya yang ada di Palembang,” katanya.
Bahkan pihaknya juga sedang melakukan pengambilan data untuk menghadirkan kampung dulmuluk di lorong Taman Bacaan Tangga Takat.

“Untuk sekarang ini kita masih mengambilan data, setelah selesai makan kampung dulmuluk akan ada di Kota Palembang kita ini,” katanya.

Baca Juga  Ini Pengakuan Tersangka Pembunuhan Adik Bupati Muratara

Untuk itu, menurutnya jika Zulkarnain terpilih akan dapat membantu dalam pelestsrian seni dan budaya khususnya untuk dulmuluk ini.

“Harapan kita beliau bisa ikut berjuang bersama kita dalam hal Kesenian perlu dilestarikan,” katanya.

Komentar