Ziarah KPD Bersama Ikatan Keluarga Sarkub Nusantara di Kawah Tekurep Khidmat 

Uncategorized354 Dilihat

Palembang,Sumselpost.co.id – Kesultanan Palembang Darussalam (KPD) bersama Komunitas Ziarah, Ikatan Keluarga Sarjana Kuburan (Sarkub) Nusantara terutama yang ada di  Palembang  melakukan ziarah ke komplek Pemakaman Kesultanan Palembang Darussalam di kawah Tekurep, Palembang, Jumat (26/1) malam. Kegiatan ziarah sendiri berlangsung secara khidmat.

Hadir Sultan Palembang Darussalam, Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Djayo Wikramo R.M. Fauwaz Diradja S.H. M.Kn , R.M.Rasyid Tohir,S.H Dato’ Pangeran Nato Rasyid Tohir, Pangeran Suryo Vebri Al-Lintani, Ketua rombongan ziarah RH Ahmad Mohammad KHI  alias Gus Rudi Jenggot didampingi Koordinator Pecel Lele Lamongan H Sam, Kemas Umar, Ali Goik.

Sultan Palembang Darussalam, Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Djayo Wikramo R.M. Fauwaz Diradja S.H. M.Kn  mengatakan, kegiatan ziarah bersama Ikatan Keluarga Sarkub Nusantara terutama yang ada di  Palembang  bermakna bagaimana semua manusia akan merasakan bagaimana kedepan akan meninggal dunia.

Baca Juga  Polres Muara Enim Raih Penghargaan Dari Ombusman RI

“ Sehingga disitu nilai-nilai yang diambil  , kita akan mati dan kita meminta dengan Allah SWT bukan meminta kepada kuburan tersebut, tapi dengan melihat kuburan tersebut kita ingat semua kita akan mati,” katanya.

Kedepan menurut SMB IV   KPD akan mensuport kegiatan-kegiatan  seperti ini  karena bernilai positip dan juga meningkatkan ukhuwah dan tali silaturahmi  diantara anggota didalam perkumpulan tersebut.

Sedangkan RH Ahmad Mohammad KHI  alias Gus Rudi Jenggot mengatakan, ziarah  Jumat (26/10)  malam ini merupakan suatu kehormatan bagi Ikatan Keluarga Sarkub Nusantara karena bisa hadir  di Komplek Pemakaman Kawah Tekurup tempat di makamkan Sultan Mahmud Badaruddin Jayo Wikramo  .

Dimana ikut hadir juga SMB IV  yang menurutnya adalah suatu kehormatan bagi pihaknya.

“Ini adalah sebagian kecil dari keluarga besar  Ikatan Keluarga Besar Sarkub Nusantara yang ada di Palembang karena Ikatan Keluarga Besar Sarkub Nusantara seluruh Indonesia ada terbanyak Jepara, Pati  , Kudus, Demak ,” katanya.

Baca Juga  Subdit V Tipidsiber Ditreskrimsus Polda Sumsel Berhasil Amankan Pelaku Konten Asusila

Dimana jumlah anggota Ikatan Keluarga Besar Sarkub Nusantara yang ada di Palembang jumlahnya hampir 100  keluarga yang mayoritas berprofesi pecel lele tapi ada juga berkerja di profesi lain seperti di Polri dan lain –lain.

“ Jemaah Palembang  udah mulai menggeliat , Jambi, Aceh , Jakarta, Depok , Bogor, kita hadir disini  dengan niatan ibadah lillahi taala minimal mau menguri-nguri sejarah  leluhur kita, sejarah para ulama, para penyebar agama Islam wal khusus beliau Sultan Mahmud Badaruddin Djayo Wikramo , karena tanpa  adanya beliau  Islam yang ada di Palembang ini  tidak bisa berkembang begini besar  dan menjadi agama yang mayoritas di  Palembang Darussalam sampai saat ini,” katanya.

Baca Juga  Pelajar Bobol Warung Ditangkap Saat Nongkrong

Tujuan sarkub ini menurutnya menjalin silaturahmi dan mencari saudara sebanyak-banyaknya  dalam ukuwah Islamiah  dengan cara yang satu  yang pasti agamanya Islam kalau belum Islam tetap di jadikan sahabat.

“ Dan beraliran  ahlul sunah wal jamaah,” katanya.

Kawah Tekurep sendiri adalah salah satu kompleks pemakaman Sultan-sultan yang pernah memerintah di Palembang dan kerabatnya.

Pembangunan kompleks pemakaman ini diprakarsai oleh Sultan Mahmud Jayawikrama, dan mulai dibangun pada tahun 1728 M.

Postingan Terkait

Postingan Terkait

Komentar