Waspada ISPA, Kabut Asap Melanda Berbagai Wilayah, Termasuk Gelumbang Raya Muara Enim

Berita Utama1663 Dilihat

Muara Enim Sumselpost.co.id – Hingga hampir sepekan ini kabut asap masih melanda serta menyelimuti berbagai wilayah di Sumatera Selatan. Begitupun wilayah Gelumbang Raya yang masih masuk wilayah Kabupaten Muara Enim tersebut, juga tak luput terkena kabut asap tebal dampak diduga terjadi kebakaran hutan dan lahan di musim panas tersebut.

Kepada media ini salah satu warga pengguna jalan raya lintas Palembang -Prabumuih yang melintas Dikawasan jalan raya Gelumbang, mengungkapkan, bahwa sudah sepekan ini kualitas udara telah berubah, dan kabut asap tebal terus menyelimuti, diduga kuat dampak dari terjadinya kebakaran lahan dibeberapa wilayah.

Lanjutnya, berharap Pemerintah atau pihak terkait dengan serius memperhatikan kondisi saat ini, karena bukan tidak mungkin, akibat dampak kabut asap tebal tersebut, terdapat masyarakat terkena penyakit Inspeksi Saluran Pernapasan (ISPA).

“Kami dari arah Palembang menuju Prabumuih Pak, Kabut asap tebal makin parah sekarang ini, apalagi pada pagi hari, kondisi jalan raya susah dilihat, dan mata pedih, serta saluran pernapasan terganggu,”ungkap Indra (46) warga Prabumulih yang menggunakan sepeda motornya itu (29/09).

Baca Juga  Momen HUT Humas Polri Ke-72, Polisi Bantu Warga Berikan Air Bersih

Lain halnya warga Gelumbang Raya Imron (47), mengatakan, kondisi kabur asap ini dampak kebakaran hutan dan lahan diberbagai wilayah, bahkan terdapat juga titik api diwilayah Gelumbang Raya yang membakar Lahan-lahan, meskipun telah dilakukan penjinakan api oleh petugas, namun terpantau titik api di musim panas ini, masih saja terjadi.

“Kondisi saat ini tentunya prihatin, Kabut asap tebal juga menyelimuti wilayah Gelumbang Raya, Berharap kabut asap yang bisa saja berdampak penyakit ISPA ini, segera berakhir,”ujar Imron.

Baca Juga  Audiensi Bersama Disdikbud, PWI Siap Kawal Pembangunan di Muba

Sementara berdasarkan informasi yang didapat, bahwa dampak dari terjadinya kebakaran lahan diberbagai wilayah tersebut, wilayah Gelumbang Raya dalam kondisi cuaca tidak sehat yang didapat melalui sumber data AQI /IQAir, melalui menggunakan data satelit. (JN*)

Komentar