Tampak Berkesan, Qurban Perdana Di Ponpes Al – Firdaus  Matas

Uncategorized398 Dilihat

Muara Enim, Sumselpost.co.id – Penyembelihan hewan Qurban berlangsung di beberapa lokasi dalam kabupaten Muara Enim, namun pelaksanaan penyembelihan hewan Qurban yang satu ini perdana terselenggara di pondok pesantren Al-Firdaus Matas kecamatan Tanjung Agung kabupaten Muara Enim provinsi Sumatera Selatan.

Pelaksanaan Qurban di ponpes Al-Firdaus ini tampak berkesan sederhana namun penuh hikmah (29/06/2023).

Penyembelihan hewan kurban dilakukan oleh Ustadz Jalalludin disaksikan tokoh masyarakat sekitar, sebanyak 5 ekor kambing.

“Alhamdulillah kita sangat bersyukur pada tahun ini, meskipun pesantren kita ini baru tetapi sudah banyak melakukan kegiatan seperti pada hari ini penyembelihan hewan qurban sebanyak 5 ekor kambing”. Ungkap Ustdz Jalal.

Baca Juga  Sambut HUT Polri ke 77 Berikut Kegiatan Polres Pagaralam

Ketika ditanya 5 kambing tersebut dari mana?, Ust Jalal menjelaskan “Kurban ini yang pertama dari Miftahul Achyar kebetulan ketua yayasan sendiri, kedua dari Arba Insya Lahat, ketiga dari ibu Romlah Seminar Tanjung Enim dan kemudian 2 ekor kambing untuk Akiqah dari Budiman Tanjung Enim”

Salah satu masyarakat Tanjung Agung yang ikut membantu penyayatan hewan Qurban.

“Kami ndow nyangko kan jadi Qurban tahun ini disini, Karena kemaren kami sebagai masyarakat Tanjung Agung mengharapkan ado bantuan kurban dari PTBA tapi ujinyo katik, tapi Alhamdulillah ado jugo Qurban kambing ini. Jadi Alhamdulillah nian” ungkap Andri.

Baca Juga  K2PI Sumsel Gelar Buka Bersama Guna Pererat Silahturahmi

Ketua yayasan Pesantren Al-Firdaus Matas Ust. Miftahul Achyar menjelaskan bahwa pelaksanaan qurban tahun ini menjadi pertanda baik untuk pesantren Al-Firdaus yang masih seumur jagung ini. Ungkapnya daging Qurban dibagikan kepada lebih kurang 60 orang penerima manfaat dari sekitar pesantren dan keluarga besar pesantren Al-Firdaus.

Achyar berharap pada tahun-tahun berikutnya perusahaan sekitar dapat menyalurkan hewan Qurban melalui pondok pesantren, “disinilah tempat yang tepat dan sangat membutuhkan, karena masih menjadi tanggungjawab social perusahaan tersebut, misalnya PTBA atau perusahaan lain disini tidak ada salahnya mengirimkan hewan Qurban ke sini” ungkapnya.

Baca Juga  Pembukaan Rakornis Dan Bimtek Pemenangan Pemilu Partai Golkar Wilayah Sumatera II

Pelaksanaan Qurban disini terlihat berkesan karena tampak dari wajah-wajah berseri para tukang bangunan, anak yatim, kaum dhuafa dan keluarga besar Al-Firdaus.

“Semoga tahun depan ada banyak lagi hewan Qurban kita disini. Semoga semua amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT” tutup Achyar.

Postingan Terkait

Postingan Terkait

Komentar