Simulasi Pemilu 2024 Digelar

Berita Utama679 Dilihat

Muara Enim Sumselpost.co.id – Polres Muara Enim Polda Sumsel menghadiri acara Simulasi Tata Cara Pemungutan Dan Penghitungan Suara Sebagai Sosialisasi dan Pendidikan bagi pemilih Pemula oleh KPU Muara Enim di GOR Pancasila Muara Enim, Rabu (27/12/23)

Kegiatan Dihadiri Oleh Pj. Bupati Muara Enim Dr. H Ahmad Rizali,M.A, Ass. Pemerintahan dan Kesra Drs.H Emran Tabrani,MSi, Kapolres Muara Enim AKBP Andi Supriadi, SH., S.IK., MH, Dandim 0404 Muara Enim diwakili oleh Pasi.Ops Kapten Sujarwo,Kejari Muara Enim diwakili Kasi Intel Kejari Muara Enim Anjasra Karya, SH,MH, Kaposbinda Muara Enim Kapten Feri Twispani, Ketua KPU Kabupaten Muara Enim Romeo, Dony SH, Ketua Bawaslu Muara Enim Zainudin,SP, Waka Polres Muara Enim Kompol CS. Panjaitan, SE, M.Si, Para Pejabat Utama Polres Enim, Kapolsek Jajaran, Personil Polres Muara Enim yang terlibat Operasi Mantap Brata, Anggota Komisioner KPU, Perwakilan dari 18 Partai Politik, Perwakilan Anggota PPK dari Kec. Muara Enim dan Kec. Ujan Mas, Perwakilan Anggota PPS dan KPPS Kec. Muara Enim dan Kec. Ujan Mas

Kegiatan Simulasi ini dalam rangka untuk memberikan peningkatan SDM dan menyamakan persepsi guna terciptanya pola kerja yang efektif dan terstruktur di masing-masing satuan kerja sehingga terjadinya sinkronisasi dan harmonisasi dari level KPU Kabupaten, PPK, PPS dan KPPS dalam rangka menyukseskan Pemilu serentak 2024 di Kab. Muara Enim;

Baca Juga  BNNP Sumsel Musnahkan 20 Kg Sabu Hasil Kejahatan

Bahwa dengan adanya simulasi ini, agar penyelenggara Pemilu khususnya petugas KPPS mendapatkan gambaran tata cara pemungutan dan penghitungan suara serta dapat memahami seluruh prosedur proses pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara, dan simulasi ini menjadi penting karena kita akan melakukan adopsi penggunaan teknologi baru dalam pengumpulan dan penyebaran suara yakni aplikasi Sirekap.

Bahwa dalam simulasi ini dihadiri dan disaksikan oleh seluruh penyelenggara Pemilu di Kab.Muara Enim dan undangan dari Instansi Pemerintahan Kab. Muara Enim, Polres Muara Enim, Partai Politik dan Masyarakat Muara Enim yang nantinya juga dapat mengetahui proses pemungutan dan penghitungan suara dan sebagai KPPS dapat memahami tugas dan wewenangnya

Sambutan Ketua KPU Muara Enim, Romeo Dony, SH, menegaskan pentingnya simulasi Pemilu berdasarkan ketentuan PKPU Nomor 3 Tahun 2022. Tahapan yang terbagi dalam enam langkah, mulai dari persiapan hingga penggunaan Sistem Informasi Rekapitulasi Suara (Sirekap), menjadi landasan dalam pemahaman proses Pemilu 2024.

Tujuan simulasi ini adalah memberikan manfaat yang merata bagi seluruh perangkat Pemilu dan masyarakat Kabupaten Muara Enim. Dengan demikian, diharapkan pemahaman mengenai pelaksanaan Pemilu 2024 semakin jelas. Sasaran utamanya adalah mempersiapkan KPPS dan perangkat pemilu lainnya agar memiliki kapasitas yang handal saat menjalankan peran sebagai garda terdepan di TPS.

Baca Juga  DPW dan DPD SWI se-Sumsel Berjalan Sukses Lancar Dalam Pelantikan dan Rakerwil

Melalui pemilihan individu yang memiliki kualifikasi dan kapabilitas yang kuat, Pemilu 2024 diharapkan berlangsung dengan sukses, aman, dan damai. Masyarakat Muara Enim diharapkan ikut serta dalam memastikan bahwa pemilihan ini berjalan dengan lancar dan berintegritas, serta menjadi bagian dari proses demokrasi yang berkualitas

Pj. Bupati Muara Enim, Dr. H Ahmad Rizali, M.A, juga menyampaikan tentang pentingnya kegiatan simulasi pencoblosan dan penghitungan suara yang diinisiasi oleh KPU Muara Enim sangatlah relevan. Melalui kegiatan ini, diharapkan masyarakat Kabupaten Muara Enim dapat diberikan pemahaman mendalam mengenai pelaksanaan Pemilu 2024.

Pemerintah Kabupaten Muara Enim berkomitmen untuk terus berkolaborasi dengan seluruh pihak terkait, termasuk penyelenggara Pemilu dan pihak keamanan seperti TNI dan Polri. Tujuannya adalah untuk menjaga kondusifitas di masyarakat serta memastikan bahwa seluruh proses Pemilu berjalan sesuai aturan dan panduan teknis yang ada, sehingga dapat dipercaya oleh seluruh lapisan masyarakat.

Dengan adanya simulasi ini, diharapkan para petugas yang bertanggung jawab dalam pemungutan dan penghitungan suara memiliki pemahaman yang mendalam terhadap setiap tahap pelaksanaan Pemilu.

Baca Juga  Puslitbang Mabes Polri Berkunjung ke Polres Muba

Hal ini penting agar proses tersebut dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan, menjaga integritas serta kepercayaan masyarakat terhadap jalannya Pemilu

Semetara itu Kapolres Muara Enim AKBP Andi Supriadi, SH, SIK, MH juga menerangkan pentingnya peran serta semua pihak, dalam menjaga ketertiban, keamanan, dan kelancaran jalannya proses Pemilu. ”

Kami dari Polres Muara Enim sangat mengapresiasi kegiatan simulasi yang dilaksanakan oleh KPU Kabupaten Muara Enim ini. Keterlibatan semua pihak, termasuk Kepolisian, dalam memastikan proses pemilu berjalan sesuai prosedur sangat penting untuk menciptakan pemilu yang bersih, transparan, dan aman,”tutur Kapolres Muara Enim

” Simulasi ini juga menjadi momentum bagi seluruh petugas yang terlibat dalam proses Pemilu 2024 untuk mengasah kembali keterampilan teknis dalam melakukan pemungutan dan penghitungan suara agar nantinya dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat pada saat pelaksanaan pemungutan suara sesungguhnya,”tutup AKBP Andi Supriadi.(JN*)

Komentar