Ribuan Peserta Hadiri Ziarah Kubro, Ini Kata Sultan Palembang

Berita Utama807 Dilihat

Palembang, Sumselpost.co.id – Hari ketiga sekaligus acara puncak Ziarah Kubro Ulama dan Auliya’ Palembang Darusalam berlangsung dengan khidmat meski dalam kondisi turun hujan, Minggu,(3/3).

Ribuan jemaah tampak antusias mengikuti rangkaian acara yang dimulai sejak pagi hari.

Rangkaian acara pada hari ke-3 dimulai pukul 06.00 dengan pembacaan Kubah dan Haul Al Habib Abdullah Bin Indrus Bin Shahab serta Habib Abdurrahman Bin Ahmad Al bin Hamid di Kampung Sejarah Sungai Bayas.

Setelah itu dilanjutkan dengan ziarah ke Pemakaman Pangeran Syarif Ali BSA, kemudian dilanjutkan dengan kirab ke Pemakaman Kesultanan Kawah Tengkurep, dan puncaknya berakhir di Pemakaman Auliya’ Kambang Koci.

Sultan Palembang Darussalam, Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama RM Fauwaz Diradja SH M Kn yang hadir dalam ziarah kubro tersebut, menyambut positip ziarah kubro tersebut.

Baca Juga  Pencuri Kambing Kurban di Palembang Terekam CCTV

“Sangat bagus sekalioleh rombongan dari habaib dan orang-orang keturunan arab di Palembang ini yang melakukan ziarah kubro yang dilakukan secara bersama-sama,” katanya.

SB IV menjelaskan kegiatan ziarah kubro ini bertujuan untuk meningkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT.

”Ziarah kubro memang sangat ramai, mudah-mudahan ziarah ini bisa dilakukan bukan dilakukan keluarga dari habaib dan orang-orang keturunan Arab di Palembang tapi juga masyarakat Palembang pada umumnya,” katanya.

Sedangkan Penjabat (Pj) Wali Kota Palembang Ratu Dewa mengatakan, acara ini merupakan salah satu kegiatan rutin dalam kalender acara Kota Palembang.

Baca Juga  Silaturahmi dan Halalbihalal Personil Bidhumas Pada Syukuran Milad Kabid Humas Polda Sumsel ke- 55 Tahun

Acara ini menurutnya memberikan kontribusi positif bagi perekonomian kota serta menjadi salah satu objek wisata religi.

“Acara ini akan memberi dorongan ekonomi yang signifikan bagi Kota Palembang. Selain itu, juga menjadi destinasi wisata religi yang sangat penting di kota ini,” katanya.

Sekretaris acara ziarah kubro, Habib Rafiq Husin BSA menjelaskan bahwa tujuan dari acara ini adalah untuk mendoakan para pendahulu yang telah berjasa dalam menyebarkan Islam di Kota Palembang dan untuk meneladani kehidupan mereka yang merupakan orang-orang saleh.

“Tujuan dari Ziarah Kubro yang kami adakan menjelang bulan Ramadan adalah untuk saling bersilaturahmi, juga untuk mendoakan para pendahulu yang berjasa dalam penyebaran Islam di Kota Palembang. Acara ini juga dihadiri oleh banyak tamu dari berbagai kota dan luar negeri,” katanya.

Baca Juga  Jalan Sehat Dan  Senam Massal Warnai Hari Sumpah Pemuda Ke-95 di Muara Enim

Acara ziarah kubra tahun ini dihadiri oleh banyak tamu dari berbagai daerah serta tamu dari luar negeri, seperti Habib Muhsin Al Atos dan Habib Alwi Bin Muhammad Al Haddad dari Kota Madinah, Syech Umar Khotib, dan Habib Ali Alaydrus dari Kota Tarim, Yaman.

Postingan Terkait

Postingan Terkait

Komentar