PWI Musi Banyuasin Gelar UKW Gratis

Berita Utama554 Dilihat

Muba Sumselpost.co.id- Tingkatkan Kemampuan dan Profesionalitas Jurnalis, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Musi Banyuasin kembali menggelar Uji Kompentesi Wartawan (UKW) secara gratis, Senin (2/8/2023) pagi, bertempat di Pusat Belajar Guru (PBG) Kabupaten Muba.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Pemkab Muba melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Muba dengan dihadiri asesor senior sekaligus penguji kompetensi antara lain, Dr. Firdaus Komar ketua PWI Sumsel, Mantan ketua PWI Sumatera Selatan H.Okta riady, Zaki Antony , sekjen Dwi trikartini, Novas Aryadi, Edwar H.

Dalam pidatonya, Ketua PWI Sumsel Dr.Firdaus Komar menyampaikan rasa terimakasihnya atas dukungan Pj. Bupati Muba H, Apriyadi Mahmud atas dukunganya selama ini kepada insan pers khususnya di kabupaten Muba semoga kedepan kerjasama dalam penyampaian informasi positif pembangunan daerah semakin baik dan berkualitas.
“Intinya kami akan terus siap bekerjasama sinergy dalam mencerdaskan masyarakat melalui penyampaian berita yg cerdas dan bertanggung jawab,”Ujar Firkom.

Baca Juga  BR Daftar Dan Sekaligus Kembalikan Formulir Balon Bupati Ke DPC Partai Nasdem Muara Enim

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinkominfo Muba Herryandi Sinulingga, AP, melalui Kepala Bidang Komunikasi Publik Achmad Kartiko Buwono SE MM mengatakan bahwa manfaat dilakukan UKW ini untuk menjadikan jurnalis yang lebih profesional lagi. Efek positifnya bisa dirasakan masyarakat, yakni dengan adanya sajian berita yang berkualitas dan terpercaya.

“Terdapat juga beberapa manfaat dari pelaksnaan Uji Kompetensi Wartawan diantaranya, meningkatakan kualitas dan profesionallitas wartawan, menjadi acuan sistem evaluasi kinerja wartawan oleh perusahaan pers, menegakkan kemerdekaan pers berdasarkan kepentingan publik, menjaga harkat dan martabat kewartawanan sebagai profesi, menghindari penyalahgunaan profesi wartawan, menempatkan wartawan pada kedudukan strategis dalam industri pers,”Terangnya.

Baca Juga  Kejari Muba Tetapkan Mantan Karyawan PT MEP Tersangka

Sementara itu, Ketua PWI Muba Kurniadi ST mengatakan, diadakannya UKW ini dapat menjadi sarana untuk meningkatkan bekal wartawan dalam menyikapi dan menghadapi tantangan digitalisasi saat tekuni profesi jurnalistik.

“Ketika profesionalisme semakin menjadi tuntutan, maka upaya-upaya peningkatan kemampuan diri, wajib untuk terus menerus diasah. Komunikasi serta informasi yang cepat, akurat, objektif dan tidak diskriminatif juga sangat dibutuhkan. Keberhasilan dan kesuksesan sebuah media juga tidak terlepas dari tugas seorang jurnalis atau wartawan yang profesional. Semoga UKW bisa berjalan dengan lancar dan memberikan banyak manfaat untuk kita,” tandasnya. (Ulandari)

Komentar