Polres Muara Enim Gelar Upacara Peringati Hari Lahirnya Pancasila

Uncategorized315 Dilihat

Muara Enim Sumselpost.co.id – Kepolisian Resor Muara Enim menggelar Upacara dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila dengan tema gotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global di halaman Mapolres Muara Enim Jalan Bambang Utoyo No. 20 Muara Enim, Kamis (01/06/2023).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Kapolres Muara Enim AKBP Andi Supriadi, SH, SIK, MH dengan Para PJU, Personil Polres Muara Enim serta ASN.

Dalam amanatnya, Kapolres Muara Enim membacakan amanat Presiden RI yang berisi Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya merupakan falsafah dasar pandangan hidup bangsa dasar negara dan ideologi kekuatan pemersatu bangsa dan sumber segala sumber hukum negara Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara merupakan meja statis yang menyatukan berbagai keragaman yang ada sekaligus sebagai “bintang penuntun dinamis yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara mewujudkan masyarakat Indonesia yang merdeka bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Baca Juga  Kasus Perwira TNI di Kodam II Sriwijaya Aniaya Anak 11 Tahun Temui Jalan Damai

Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia pengalaman nilai-nilai Pancasila merupakan perwujudan rasa cinta kepada tanah air sehingga dapat membangun bangsa dan negara yang lebih baik nilai-nilai Pancasila dapat diamalkan dalam bentuk sederhana seperti saling menghargai kerjasama dan saling menghormati berkat Pancasila dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong keberagaman yang ada menjadi berkat yang dirajut dalam identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika.

Dalam amanat juga disebutkan peringatan hari lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni memiliki makna bagi rakyat dan bangsa Indonesia tidak hanya menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara ataupun tujuan bangsa namun turut menjadikan Pancasila sebagai pemegang dalam kehidupan sehari-hari Pancasila bukan hanya untuk dibaca dan dengar namun harus dipraktikkan dan diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari sehingga nilai-nilai Pancasila akan bertanam di dalam hati bangsa Indonesia.

Baca Juga  Ali Pudi ; Saya Datang,Rakyat Menang untuk Empat Lawang yang Eluk Nian

Saat ini bangsa Indonesia telah berhasil melewati masa kritis pandemi covid 19 hal ini membuktikan kekuatan Pancasila dan kekuatan bangsa Indonesia ke depan kita akan mewujudkan Indonesia emas 2045 dan impian Indonesia 2085 yaitu menjadi bangsa yang memiliki sumber daya manusia yang kecerdasannya mengungguli bangsa-bangsa lain di dunia.

Tahun depan kita juga akan menghadapi pesta demokrasi serentak melalui penyelenggaraan pemilihan umum 2024 untuk itu saya mengajak seluruh komponen bangsa dan bersama-sama menyukseskan pemilu yang jujur aman dan damai ,”sambutnya.

Lanjut, Mari kita gelorakan terus semangat Pancasila dari Sabang sampai Merauke mulai dari miangas hingga Pulau rote terus bekerja dan beraktivitas tanpa batas dengan kemajuan teknologi dan informasi untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan Indonesia yang akan membangun peradaban ke depan semoga Indonesia menjadi bangsa besar yang disegani dunia tanpa kehilangan jati dirinya.

Baca Juga  Kapolres Muara Enim Tinjau Langsung Lokasi Banjir di Lawang Kidul 

Mengakhiri sambutan ini saya ingin mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari semoga melalui peringatan hari lahir Pancasila tanggal 1 Juni 2023 ini dapat lebih meningkatkan kerja membuat prestasi membuat terobosan dan menumbuhkan pembaharuan di tahun 2023 dan di tahun-tahun yang akan datang semoga Allah Subhanahu wa ta’ala Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan perlindungan dan petunjuk kepada kita semua, untuk kejayaan bangsa dan negara.

(JNP)

Postingan Terkait

Postingan Terkait

Komentar