Pj Bupati Wajibkan Seluruh OPD Berperan Aktif Dalam Penyusunan Arsitektur SPBE

Uncategorized361 Dilihat

Muba Sumselpost.co.id,- Dalam rangka mempercepat penyusunan Arsitektur Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) melalui Dinas Komunikasi dan informatika kabupaten Muba menggelar Sosialisasi terkait dengan Penyusunan Arsitektur SPBE, Rabu (7/6/2023) di ruang Virtual Room Dinkominfo Muba.

Disampaikan, Kepala Diskominfo Muba Herryandi Sinulingga AP diwakili Sekretaris Dinkominfo Hj Nurzahrawati SPd MT, Arsitektur SPBE merupakan kerangka dasar yang mendeskripsikan integrasi proses bisnis, data dan informasi, infrastruktur SPBE, aplikasi SPBE, dan keamanan SPBE untuk menghasilkan layanan SPBE yang terintegrasi.

Berdasarkan perpres 132 tahun 2022 tentang Arsitektur SPBE nasional pada pasal 3 ayat 5 bahwa Kepala Daerah menetapkan Arsitektur SPBE Pemerintah Daerah dengan Keputusan Kepala Daerah paling lambat Tahun 2023,

“Sebagaimana yang telah diamanatkan dalam Peraturan Presiden tersebut, bisa menjadi pedoman untuk menghasilkan operasional layanan pemerintah yang terpadu secara nasional.
Maka kita semua diminta kerjasamanya untuk Arsitektur SPBE dalam lingkup perangkat daerah masing-masing,”ungkapnya.

Baca Juga  Polsek Lembak Ikuti Virtual Bersama Dr Sumbo Tinarbuko di Mabes Polri

Lanjutnya, Arsitektur SPBE yang akan di susun ini melibatkan seluruh Perangkat Daerah dan Instansi terkait yang terdiri dari, Domain Proses Bisnis dibuat oleh seluruh OPD dan di koordinir oleh Bagian Organisasi. Domain Layanan dibuat oleh seluruh OPD dan di Koordinir oleh Bagian Organisasi.

“Domain Data dan Informasi dibuat oleh seluruh OPD dan di Koordinir oleh Dinkominfo (Bidang Statistik) dan Bappeda. Domain Aplikasi dibuat oleh seluruh OPD dan di Koordinir oleh Dinkominfo (Bidang Aptika). Domain Infrastruktur dibuat oleh seluruh OPD dan di Koordinir oleh Dinkominfo (Bidang Aptika) dan Domain Keamanan dibuat oleh seluruh OPD dan di Koordinir oleh Dinkominfo (Bidang Persandian),”bebernya.

Baca Juga  Dinilai Abai Dalam Penyelamatan Cagar Budaya, APCB Nilai Walikota Palembang Melanggar Undang -Undang

Dalam penyusunan Arsitektur SPBE tersebut Pemkab Muba akan di dampingi oleh tim dari Kemenpan RB diantaranya,
Perwita Sari SST SE MSi
(Analis Kebijakan Madya) – Domain Data dan Informasi. Hamzah Fansuri SKom MSc ITM (Analis Kebijakan Muda) – Domain Keamanan. Mugi Rohimah SST MTI (Analis Kebijakan Pertama) – Domain Layanan. Iksan Ramadhan SKom MKom (Pranata Komputer Pertama) – Domain Aplikasi SPBE. Munawwarah SH (Analis Kebijakan Muda) – Domain Proses Bisnis. Komagi Dinar Primasta SIA (Analis Kebijakan Pertama) – Domain Infrastruktur.

Terpisah, Pj Bupati Muba Drs H Apriyadi mengatakan, transformasi birokrasi digital dilaksanakan melalui penerapan SPBE untuk mengubah cara kerja dengan melakukan penataan proses birokrasi yang menggunakan sistem digital. Melalui Arsitektur SPBE, dapat dilakukan pemantauan dan evaluasi secara terpadu dan menyeluruh terhadap kegiatan penyelenggaraan pemerintahan pada semua area dan tingkatan.

Baca Juga  Wujudkan Polri Presisi Lewat Etika Pelayanan Publik

“Untuk itu kepada perangkat daerah terkait untuk dapat mempersiapkan dokumen pendukung sebagai bahan evaluasi SPBE, apabila terdapat perubahan/penambahan data agar dokumen tersebut dapat di lengkapi/diperbaharui. Perlu disampaikan juga bahwa SPBE ini merupakan kegiatan Pemerintah Kabupaten Muba Secara menyeluruh dan bukan kegiatan dari Dinkominfo saja. Untuk Itu diperlukan sinergisitas antar perangkat daerah dalam pengimplentasian SPBE,”tandasnya. (Ulandari/ril)

Postingan Terkait

Postingan Terkait

Komentar