Pelaku Maling Besi Gunakan Gergaji Besi Ditangkap Polsek Rambang Dangku

Berita Utama767 Dilihat

Muara Enim Sumselpost.co.id – Polsek Rambang Dangku Polres Muara Enim berhasil menangkap pelaku pencurian besi milik PT. Pertamina yang terjadi di sumur GBK 72 PT. Pertamina Hulu Rokan Zona IV, yang terletak di Dusun III Desa Gunung Raja Kecamatan Empat Petulai Dangku Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan.

Pelaku berinisial AA (40) ditangkap oleh Unit Reskrim Polsek Rambang Dangku di rumahnya, yang berada di Dusun III Desa Gunung Raja Kecamatan Empat Petulai Dangku Kabupaten Muara Enim Provinsi Sumsel. Sementara itu, pelaku lainnya dengan berinisial R (35) dan K (45) sudah ditangkap sebelumnya dan saat ini tengah menjalani hukuman di Lembaga Pemasyarakatan Muara Enim.

Kapolres Muara Enim, AKBP Andi Supriadi, SH, SIK, MH melalui Kapolsek Rambang Dangku, Iptu Pamris Malau, SH menjelaskan bahwa kejadian ini terungkap saat petugas keamanan sedang melakukan patroli bersama rekan kerjanya di lokasi sumur GNK 72. Pada saat itu, petugas mencurigai gerak-gerik dua orang yang mengendarai sepeda motor menuju area PT. Pertamina.

Setelah melakukan pengintaian, ternyata ada empat pelaku lainnya yang tengah melakukan aksi pencurian. Beberapa pelaku sedang memotong pipa besi menggunakan gergaji besi. Setelah berhasil memotong, pelaku-pelaku tersebut memuat potongan-potongan pipa besi tersebut ke atas sepeda motor.

Baca Juga  Optimasi Lahan Rawa, Jadikan Sumsel Lumbung Pangan Serta Perkuat Ketahanan Pangan

Petugas keamanan berhasil mencegat dan menghentikan para pelaku. Saat diperiksa, terdapat dua orang pelaku yang sedang mengendarai sepeda motor dengan membawa pipa besi yang ditutupi oleh karung. Setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, ditemukan sejumlah potongan pipa besi dengan berbagai ukuran serta barang-barang bukti lainnya.

Akibat aksi pencurian ini, PT. Pertamina mengalami kerugian sekitar lima belas juta rupiah. Barang bukti yang berhasil diamankan oleh pihak Kepolisian meliputi potongan-potongan pipa besi dengan berbagai ukuran, sepeda motor tanpa nomor polisi dan bodi beserta keranjang yang terpasang di motor, dan beberapa barang lainnya termasuk kayu, timbangan, dan karung.

Baca Juga  Mushola Bisa Dipergunakan Lagi, Warga Beladang  Ucapkan Terimakasih Polisi

Pelaku ini dijerat dengan Pasal 363 KUHP mengenai Pencurian, yang dapat dikenakan ancaman hukuman penjara maksimal tujuh tahun.(JNP)

Komentar