MPR Berharap Wartawan Berpartisipasi dalam Membentuk Karakter Generasi Muda yang Cinta Tanah Air

Nasional460 Dilihat

JAKARTA,SumselPost.co.id – Plt Sekretaris Jenderal MPR RI Janedjri M. Gaffar berharap wartawan parlemen juga harus ikut partisipasi bersama MPR RI dalam mencetak generasi muda yang memiliki rasa cinta tanah air, cinta negara, cinta bangsa ini, sehingga geberasi Z Ini memillki rqsa nasionaliame yang tangguh ke depan untuk mempertahankan NKRI.

“Jadi, peran wartawan sangat penting untuk ikut bertanggung jawab dalam mengimplememtasikan konstitusi. Utamanya dalam membemtuk karakter generasi muda untuk cinta tanah air ini,” demikian Jenedjri yang dalam acara Turnamen Catur Wartawan KWP dalam rangka HUT ke-78 MPR RI Memperebutkan Piala Ketua MPR RI Bambang Soesatyo di Gedung MPR RI Senayan Jalarta, Minggu (27/8/2023).

Hadir antara lain Kepala Biro Humas dan Sistim Informatika Kesetjenan MPR RI Ibu Siti Fauziah, Ketua KWP Ariawan, dan para wartawan MPR/DPR RI.

Baca Juga  HPN 2024, Puan Ajak Insan Pers Kawal dan Jaga Proses Pemilu

Lebih lanjut Jenedjri menilai bahwa tugas MPR RI untuk mengawal konstitusi dan 4 pilar kebangsaan (Pancasila, UUD NRI 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI) tidak bisa sendirian, melainkan harus diback up oleh pemangku kepentingan, stackholder, diantaranya para wartawan. “Apalagi konstitusi itu hidup, dinamis, yang tak bisa hanya berdasarkan teks-teks, tapi harus disesuaikan dengan perkembangan zaman,” jelasnya.

Setidaknya ada dua prinsip dalam penyelemggaraan negara setelah dijalankan oleh eksekutif, yudikatif dan legislatif sekarang ini; yaitu Indonesia sebagai negara hukum dan sebagai negara demokrasi dan demokrasi Indonesia harus berdasarkan hukum. “Prinsip itulah yang harus dijalankan bersama,” tambah Jenedjri.

Dengan visi dan misi MPR RI yang luar biasa sebagai rumah kebangsaan, pengamal ideologi Pancasila, dan kedaulatan rakyat, itu maka peran MPR sangat penting dalam membentuk karakter bangsa. “Lalu, bagaimana konstitusi itu benar-benar bisa diwujudkan maka dibutuhkan peran wartawan. Khususnya bagaimana anak muda ini memiliki cinta tanah air dan NKRI ,” pungkasnya.

Baca Juga  Politik Gagasan Bakal Dongkrak Jumlah Pemilih Rasional Di Pemilu 2024

Sementara itu Ketua KWP Ariawan mengatakan bahwa Koordinator Wartawan Parlemen (KWP), turut serta memeriahkan rangkaian peringatan HUT ke-78 MPR RI, dengan berbagai macam perlombaan. Seperti turnamen catur ini.

Ariawan menegaskan, jika turnamen catur yang digelar saat ini adalah turnamen internal KWP, yang pemenangnya nanti akan dilombakan pada bulan November, yakni turnamen catur tingkat nasional yang tentunya akan bekerjasama dengan MPR RI.

“Pemanasannya hari ini untuk teman-teman di internal KWP, selanjutnya kita akan bertanding dengan beberapa Pokja-Pokja yang ada di Jakarta dan sekitarnya untuk bertanding. Ini yang alih-alih strategi, jadi memang dari pj-nya penanggung jawab dari pengurus dan panitianya dari temen-temen senior,” ungkapnya.

Baca Juga  Prof. Dr. Syamsurijal Tan, S.E., M.A. Dukung Upaya dan Kebijakan Pemerintah dalam Cegah Kegiatan Penyelundupan dan Perdagangan Ilegal guna Mengoptimalkan Penerimaan Daerah dan Nasional

Selain itu menurut Ariawan, lomba catur internal KWP ini, semakin mempererat tali silaturahmi sesama wartawan Parlemen untuk bersinergi dengan MPR RI, termasuk DPR RI dan DPD RI.

“Apalagi, antara jurnalis dengan institusi/Lembaga (MPR/DPR/DPD RI), tempat sehari-hari menjalankan tugas profesinya sudah seharusnya saling mendukung satu sama lain. Dan kita juga berharap akan terus bersinergi,” kata Ariawan.(MM)

 

Komentar