Mantap ! Pemkot palembang Terima 2 Juara Nasional Bidang Kebinamargaan dari Kementrian PUPR

SumsePost.co.id. Jakarta,- Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang berhasil menjadi pemenang di 2 kategori Pemerintah Kota pada Lomba Penilaian Kinerja Pemerintah Daerah Bidang Kebinamargaan oleh Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Kegiatan ini bertepatan dengan acara puncak peringatan Hari Jalan tahun 2023 Direktorat Jenderal Bina Marga Kementrian PUPR dan juga pameran tentang progres pembangunan jalan di Indonesia.

Acara yang bertema “Konstruksi 4.0 untuk Penyelenggaraan Jalan yg Inovatif, Kolaboratif, dan Optimal” ini juga dimeriahkan dengan berbagai games yang dihadirkan di Gedung Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu (20/12/2023).

Salah satu kegiatan lomba hari jalan yaitu lomba penilaian kinerja pemerintah daerah bidang Kebinamargaan. Kriteria lainnya cepatnya penanganan genangan air di jalan yang terkoordinasi dengan baik antara Dinas PUPR Kota bersama jajaran Kodim, Dinas PU Provinsi dan semua Balai PUPR yg ada di Palembang.

Baca Juga  54 Personil Polres Muara Enim Naik Pangkat

Kriteria penilaian meliputi progres kemantapan jalan, delta panjang jalan mantap, panjang jalan, aksesibiltas dan mobilitas. Selanjutnya dilakukan koordinasi lapangan bersama pemerintah daerah dan Kementerian PUPR untuk menilai kebijakan pemda, inovasi, ketersediaan informasi publik, ketersediaan peraturan tentang jalan, ketersediaan dokumen manajemen penyelenggaraan jalan dan pelaksanaan survey jalan.

Diketahui Panjang jalan kota palembang 690 KM dengan jumlah ruas 1255 dengan kondisi jalan mantap 84,2% sedangkan yang tidak mantap hanya 15,8 %. Selanjutnya Jalan Nasional di dalam Kota Palembang 60 KM kemantapan mencapai 98%, lalu Jalan Provinsi dalam kota 41 km kemantapan 92%.

Baca Juga  Salurkan Paket Sembako Ke Kaum Lansia Bagian Dari Wakafkan Gaji Kades Sigam

Pj Walikota Ratu Dewa mengucap syukur atas raihan prestasi Kota Palembang di tingkat nasional di bidang kebinamargaan.

Ia mengatakan bahwa infrastruktur jalan merupakan bagian penting dari sebuah kemajuan kota dan langsung dirasakan oleh masyarakat.
“Dengan jalan yang bagus masyarakat bisa nyaman, termasuk mengurangi resiko kecelakaan dalam berkendara. Untuk itu saya sering turun ke lapangan mengecek langsung perbaikan jalan di Kota Palembang,” ujar Ratu Dewa.

Baca Juga  Jaga Ketahanan Energi, Sultan Dukung Pemerintah Tingkatkan DMO CPO Untuk Biodiesel

Tak lupa, dalam kesempatan ini Pj Walikota juga memberikan apresiasi kepada masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang sudah bekerja keras dalam pembangunan di Kota Palembang.”Sekali lagi saya ucapkan terimakasih banyak dan ini akan kita terus kita tingkatkan demi kebaikan dan kesejahteraan masyarakat,” tutupnya.(rilis)

Komentar