Gelar Festival Seguntang Hulu Melayu Tahun 2024, Forwida Gelar Berbagai Lomba

Berita Utama204 Dilihat

Palembang, Sumselpost.co.id –  Wadah tempat berkumpulnya para pemerhati, dan pelestari budaya untuk melakukan usaha-usaha yang bertujuan meningkatkan pariwisata di Sumatera Selatan Sumsel).

Forum ini terdiri atas: unsur pemerintah, akademisi, pengusaha, wartawan, dan masyarakat umum yang peduli terhadap kebudayaan dan pariwisata.

Menurut Ketua Umum Forwida , Dr. Ir. Diah Kusuma Pratiwi, MT., CIAP, pada bulan Mei 2024, Forwida akan melaksanakan Festival Seguntang Hulu Melayu Tahun 2024.
“Festival ini dimulai dengan Seminar Nasional pada tanggal 7 s/d 8 Mei 2024 bertempat di Auditorium Universitas Terbuka Palembang,” kata Diah, Minggu (5/5).

Baca Juga  Pelaku Penikaman Juru Parkir di Lubuklinggau Ditangkap

Selanjutnya pada tanggal 9 s/d 12 Mei 2024, akan dilaksanakan lomba-lomba yang bertujuan meningkatkan perhatian generasi muda dan masyarakat umum terhadap kebudayaan Sumatera Selatan yang sudah hampir punah atau sudah jarang keberadaannya bertempat di situs bukit Seguntang.

Lomba tersebut diantaranya Lomba menghias dan mengidang nasi minyak khas Palembang, Pelatihan melukis kayu seni khas Palembang menggunakan lacquer pada piring dan nampan kayu.

“ Pelatihan membuat tanjak dan gandik, Pelatihan huruf aksara ulu ka ga nga, Lomba menciptakan dan menyanyikan lagu-lagu daerah Sumatera Selatan, Lomba pantun gayung bersambut Bahasa Palembang, Lomba mewarnai PAUD dan TK , Lomba melukis remaja dan umum , Lomba tari kreasi bernuansa budaya Daerah Sumatera Selatan,” katanya.

Baca Juga  HP Keponakan Di Rampas, Tukang Ojek Lapor Polisi

Selain itu, menurutnya ada acara kunjungan ke museum-museum, storytelling tentang makam di Situs Bukit Seguntang, diskusi dan talkshow tentang Peranan Kebudayaan dan Pariwisata dalam menyosong era Indonesia Emas 2045.

“Diharapkan pada saat acara ini, akan merangsang minat dan meningkatkan kecintaan Masyarakat terhadap budaya khas Sumatera Selatan,” katanya.
Diah mengajak semua pihak untuk partisipasi dan berkontribusi dalam mensukseskan acara Festival Seguntang Hulu Melayu Tahun 2024.

Komentar