Fadel Muhammad: Wartawan Mitra Penting untuk Sosialisasikan Program Kerja MPR

Nasional478 Dilihat

BANDUNG,SumselPost.co.id – Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad mengatakan bahwa wartawan parlemen adalah mitra penting bagi MPR, sebab memiliki peran strategis dalam mempublikasikan secara luas berbagai program dan kerja-kerja MPR RI, melalui produk-produk beritanya kepada masyarakat.

Pimpinan MPR dari Kelompok DPD ini dalam sambutannya, saat menghadiri dan membuka secara resmi kegiatan Media Gathering MPR RI Tahun 2024, di Bandung, Jawa Barat, Jumat malam (7/6/2024) kerjasama Koordinatoriat Wartawan Parlemen (KWP) dan MPR RI, mengungkapkan bahwa banyak sekali program dan kerja MPR yang mesti diketahui masyarakat, sebagai bentuk pertanggung jawaban MPR kepada rakyat. Salah satunya wacana Amandemen UUD 1945 dan Pokok-Pokok Haluan Negara (PPHN).

“Wacana besar ini menurut kami sangat penting, karena ditujukan untuk kemajuan bangsa dan negara. Keseriusan kami itu, kami tunjukkan dengan menyambangi berbagai tokoh nasional, mantan Presiden dan mantan Wapres juga para Ketua Umum partai politik, untuk meminta masukan, untuk lebih mematangkan lagi,” ujarnya.

Apalagi, lanjut Fadel Muhammad, MPR periode 2019-2024 akan berakhir masa jabatannya sebentar lagi. Pimpinan MPR periode sekarang merasa perlu meninggalkan sesuatu yang bermanfaat untuk penerus yakni Pimpinan MPR periode mendatang.

Baca Juga  Hari Pers, Puan Minta Masyarakat Dukung Jurnalisme Sehat dan Berkualitas

“Masukan dan pendapat juga bisa datang dari para wartawan yang terbiasa bertugas di lingkungan parlemen. Intinya siapa saja elemen bangsa yang berkeinginan ikut berpartisipasi dan berkontribusi ke dalam upaya kami memberikan sumbangsih terbaik untuk negeri,” ujanya.

Dalam kesempatan itu, anggota DPD RI Dapil Provinsi Gorontalo ini menyampaikan beberapa hal terkait tugas dan fungsi DPD RI. Fadel menepis anggapan keliru yang mengatakan bahwa keinginan DPD untuk memperkuat tugas, kewenangan dan fungsinya untuk menyaingi DPR.

“Itu sangat keliru. DPD itu urusannya adalah soal daerah. Bobot kegiatannya lebih banyak ke daerah. Untuk menjelaskan ini, saya sampai menulis dengan tajuk ‘Peran DPD Dalam Mewujudkan Pemerintahan Yang Kolaboratif’. Isinya, adalah pemaparan lengkap tentang perlunya daerah maksimalkan potensi SDM, kekayaan juga anggaran yang ada, untuk sebesar-besarnya kemajuan daerah serta kesejahteraan rakyat ,” ungkapnya.

Acara Media Gathering MPR Tahun 2024 ini mengusung tema ‘Media Sebagai Mitra Strategis Dalam Keterbukaan Informasi Publik’ ini sendiri, berlangsung khidmat dan lancar. Hadir via video untuk menyampaikan sambutan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo.

Baca Juga  Soal Cawapres Koalisi Gerindra-PKB, Cak Imin Tunggu PDIP

Turut hadir dalam kegiatan, Plt Sekretaris Jenderal MPR Siti Fauziah, Kepala Biro Humas dan Sistem Informasi Setjen MPR Anies Mayangsari Muninggar, Ketua KWP Ariawan, perwakilan Pimpinan MPR Jazilul Fawaid dan Lestari Moerdijat, Kabiro Protokol, Humas Media Setjen DPD Mahyu Darma, Kabag Pemberitaan dan Media Setjen DPD Heru Firdan dan 90-an wartawan media cetak, online, dan elektronik.

Sinergitas

Sementara itu Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jenderal MPR RI Siti Fauziah, mengungkapkan bahwa sinergitas hubungan antara MPR RI dengan wartawan parlemen, sudah terjalin sejak lama hingga kini dan berjalan sangat baik.

“Hubungan itu akan terus kita jaga dan terus ditingkatkan. Tentu saja, kita semua berharap dalam kerjasama dan jalinan hubungan yang terjalin itu semua baik-baik saja dan saling memberi manfaat. Jika dalam perjalanannya ada kendala atau hambatan, ke depan akan kita perbaiki,” katanya.

Sebab, peran wartawan parlemen yang biasa meliput di seputar parlemen terutama meliput semua program, kegiatan dan kerja Pimpinan, Anggota dan kesetjenan MPR, sangat penting agar masyarakat Indonesia mengetahui dan memahami apa yang selama ini dikerjakan MPR.

Baca Juga  Pelanggaran, Perangkat Desa Dukung Capres Tertentu, Koalisi Masyarakat Sipil Desak Bawaslu Bersikap

“Apalagi ke depan banyak kegiatan besar dan penting MPR yang akan dilaksanakan. dan ini membutuhkan kerjasama para wartawan parlemen dalam bentuk produk beritanya untuk disosialisasikan ke seluruh masyarakat Indonesia,” ungkap Siti Fauziah.

Satu lagi yang tak kalah pentingnya, lanjut Siti, MPR butuh masukan dan aspirasi dari para penggiat media, agar semua program dan kerja MPR lebih baik di masa yang akan datang.

“Saya berharap kegiatan Media Gathering ini bisa semakin mendekatkan kita, sehingga meningkatkan kualitas kerjasama antara MPR dan wartawan di masa yang akan datang,” pungkasnya.(MM)

 

Komentar