Cak Imin Bersyukur Pancasila Tetap Sakti sebagai Tameng Keberagaman

Nasional1765 Dilihat

PALEMBANG,SumselPost.co.id – Wakil Ketua DPR RI bidang Korkesra Abdul Muhaimin Iskandar menghadiri sekaligus menjadi Inspektur Upacara Apel Kebangsaan dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila bersama 20 ribu Kader Penggerak NU di Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, pada Kamis (1/6/2023).

Dalam amanatnya, pria yang akrab disapa Gus Imin atau Cak Imin ini bersyukur Pancasila tetap sakti dan menjadi tameng kuat dalam menjaga dan mempersatukan bangsa Indonesia yang beragam.

“Kita semua alhamdulillah tetap semangat dan terus menjadi bagian dari perjuangan bangsa kita untuk terus setia pada Pancasila, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika, dan seluruh panji-panji kehidupan bangsa,” kata Gus Imin.

Baca Juga  Setjen DPD RI Luncurkan Pojok Baca Digital

Menurut Gus Imin, Pancasila terbukti sakti menjadi tameng keberagaman etnis, ras, golongan, budaya, hingga agamat yang tumbuh dan berkembang di Indonesia. Ia bersyukur kesaktian Pancasila tersebut tetap terjaga dengan baik hingga kini.

“Sebagai bangsa yang besar yang terdiri dari berbagai suku, golongan, agama, ras, latar belakang yang berbeda-beda, dengan puluhan ribu pulau yang terbentang, semuanya tetap bersatu padu, bahu membahu, satu jiwa, satu tekad menjadi bagian dari NKRI yang kita cintai,” tutur Gus Imin.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menyatakan, Apel Kebangsaan digelar sebagai bagian dari kecintaannya pada para kiai, ulama, dan sleuruh pejuang banga yang telah menyusun, mempertahankan dan menjaga Pancasila sehingga menjadi pemersatu bangsa.

Baca Juga  Kecurangan Pemilu Masif, Kemunduran Demokrasi Tidak akan Terhindarkan

Menurut Gus Imin, Pancasila disusun para founding fathers bukan untuk satu golongan,etnis, maupun agama tertentu, melainkan untuk seluruh elemen bangsa tanpa terkecuali.

“Dari OKU Timur saya serukan mari terus jaga asas Pancasila menjadi kebersamaan bahwa Pancasila adalah karya anak bangsa dan Pancasila milik seluruh anak bangsa,” tegas Gus Imin.

“Pancasila adalah garda depan seluruh anak bangsa, bukan milik segolongan saja, bukan milik sekelompok saja, tetapi milik seluruh warga bangsa dari seluruh wilayah Tanah Air kita,” tambahnya.

Gus Imin menambahkan, Pancasila sebagai ideologi bangsa berperan besar dalam meneguhkan tekad dan cita-cita yang sama, yaitu mewujudkan negeri makmur, adil dan sentosa.

Baca Juga  Albizia Rahidin Anang: Mahasiswa Harus Memiliki Attitude

Selain diikuti oleh puluhan ribu Kader Penggerak NU, Apel Kebangsaan ini juga dihadiri oleh ribuan kader Muslimat NU. Nampak pula sejumlah instruktur nasional PKPNU dan tokoh NU, antara lain KH. Mun’im DZ, KH. Adnan Anwar, Zaini Rahman, Hanif Dhakiri, Ramlan Holdan, serta Bertu Merlas.(MM)

Komentar