Sultan Palembang Darussalam Hadiri Pelaksanaan Karya Bakti TNI Antisipasi Bencana Banjir dan Munculnya Wabah Penyakit

Palembang199 Dilihat
Post ADS

Palembang – Kodim 0418/Palembang, Korem 044/Gapo, Kodam II/Swj, melaksanakan Karya Bakti TNI Antisipasi Bencana Banjir dan  Munculnya Wabah Penyakit, Dalam Rangka Hari Ulang tahun Ke-78 Kodam II /Swj, Kamis  (07/12/ 2023) Pukul 07.00 Wib,Bertempat Di Pasar Sekip Ujung Jl. Ampibi, 20 Ilir D II, Kec. Kemuning Kota Palembang.

Kegiatan karya bakti ini di buka langsung Pangdam II/Swj Mayjen TNI Yanuar Adil dengan diawali  pengecekan langsung di 14 titik sasaran pekerjaan Karya Bakti di  Kawasan Pasar Sekip  yang Dimana menjadi objek Karya Bakti TNI. 

Mayjend TNI Yanuar Adil mengatakan bahwa kegiatan Karya Bakti TNI hari ini adalah melaksanakan perintah dari KASAD  Jenderal TNI Maruli Simanjuntak memerintahkan seluruh jajaran Pangkotama untuk melaksanakan pembersihan pasar,selokan dan penanaman pohon.

“Kenapa hal tersebut dilakukan karena kita ketahui di bulan Desember kedepan memasuki musim penghujan dimana pasar ini kalau tidak di bersihkan banyak lalat ,banyak nyamuk sehingga dapat menimbulkan penyakit demam berdarah,”jelasnya.

“Kegiatan ini di  dilaksanakan serentak seluruh Indonesia dan di Kodam II/Swj dilaksanakan se Sumbagsel setiap Kodim itu melaksanakan  yang dimana saat ini di Kodim 0418/Palembang   ,termasuk di 4 Provinsi Lampung ,Jambi ,Bangka Belitung Dan Bengkulu ,”Ucapnya.

Baca Juga  Pulau Kemaro Sah Milik Zuriat Kiai Marogan , Akan Dibangun Sesuai Syariat Islam

Kedepan kegiatan ini akan di laksanakan yang dimana tentunya kita melihat kondisi cuaca yang dimana ada waktu yang memungkinkan kita laksanakan,tentunya kegiata Karya Bakti TNI dilaksanakan selama dua minggu berturut-turut dulu ,Nanti akan kita laporkan dulu dari Kodam ke Staff Angkatan Darat.

Jadi hari ini kita lakukan pembersihan pasar, besok penanaman pohon dan terakhir pembersihan selokan ,Biasanya di jalur-jalur yang besar ini agak mampet maka itulah yang kita bersihkan sehingga untuk mengurang banjir,”Tutup Pangdam.

Dandim 0418/Palembang Kolonel Czi Arief Hidayat menyampaikan Kodim dengan Pemkot telah melangsungkan sinergi yang baik dalam pembangunan Kota Palembang. 

“Termasuk kebersihan Kota Palembang. Mekanisme di wilayah kita melibatkan 250 personel TNI, kemudian melibatkan stakeholder lain seperti Dinas PUPR atau Disperkimtan Palembang, dan sebagainya,” katanya. 

“Alasan pemilihan tempat ini karena beberapa kali terjadi banjir. Jadi saluran semuanya kita bersihkan,” tukasnya. 

Kegiatan Karya Bakti TNI Kodim 0418 Palembang juga terdapat pembagian Sembako berupa beras, gula pasir dan minyak goreng, mie goreng, dan susu secara simbolis oleh Dandim 0418/Palembang dan Ratu Dewa kepada warga Kelurahan 20 Ilir.

Baca Juga  DPP Gencar Indonesia dan Kadinsos Memberikan Bantuan Sosial Kepada Komunitas Pasar Ikan

Sementara itu Penjabat (Pj) Wali Kota Palembang Ratu Dewa mengatakan, kegiatan ini bertujuan mengantisipasi banjir dan munculnya wabah penyakit, terlebih lagi saat ini telah memasuki musim hujan.

Pj Walikota bersama Pangdam serta Dandim 0418 berkeliling mengecek langsung kondisi Pasar Sekip Ujung.

Para petugas kebersihan dari Pemkot Palembang dan juga prajurit TNI AD kompak bersama-sama terlihat membersihkan kawasan pasar tersebut, termasuk selokan yang mampet.

Pj Walikota Ratu Dewa mengapresiasi setinggi-tinggnya kegiatan yang telah diinisiasi oleh pihak TNI AD dalam membersihkan kawasan Pasar Sekip Ujung ini.

“Sebenarnya kalau di tingkat kota kerjasama dengan Dandim ini sudah terpelihara cukup lama mulai dari awal, termasuk penanganan kabut asam kemarin ada tim terpadu,” ujar Ratu Dewa.

Dalam mengantisipasi banjir di musim hujan ini, lanjut Dewa, kegiatan karya bakti ini adalah awal dan akan terus digerakan di pasar- pasar lainya.

Baca Juga  UMKM Brownies Plajoe Sukses Berpartisipasi Dalam Festival Rempah Sumatera Selatan 2022

“Kita mengerahkan seluruh armada yang ada, termasuk prajurit TNI dan seluruh petugas Dinas Lingkungan Hidup Kota (DLHK) dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainya,” Pungkasnya.

Ditempat yang sama, Sultan Palembang Darussalam menyampaikan kegiatan hari ini dilaksanakan oleh Dandim 0418 sangat luar biasa. Kegiatan ini serentak dilakukan seluruh pasar yang ada di Indonesia.

“Dalam mengantisipasi dari pada musim hujan bencana banjir dan saluran parit dan gorong-gorong yang ada dipasar manapun. Tadi sudah kita lihat pasar menjadi tempat yang banyak sampah berceceran,” Jelas Sultan.

Himbauan untuk masyarakat jangan buang sampah sembarangan karena kebersihan itu sebagai bagian iman.

“Harapan kedepannya untuk para pedagang dapat membuang sampah pada tempatnya dan tetap menjaga kebersihan dan kerapian di pasar,” tutupnya

Post ADS

Komentar