Gunung Dempo Masih Level Waspada

Berita Utama527 Dilihat
Post ADS

Pagaralam, Sumselpost.co.id -.Pj Walikota Pagar Alam H. Lusapta Yudha Kurnia hadiri paparan Pemantau Gunung Api Dempo mengenai kondisi terkini Gunung Dempo oleh Pos Pengamatan Gunung Api Dempo Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), yang dilaksanakan di Ruang Rapat Besemah III Sekretariat Daerah (Setda) Kota Pagar Alam, pada Rabu (06/12/2023).

Menurut hasil dari pantauan dari Tim Pengamatan Gunung Api Dempo PVMBG Kota Pagar Alam, saat ini Gunung Api Dempo status tingkat aktivitas Gunung Api Dempo masih di Level II (Waspada). Selain itu, dari hasil evaluasi Tim Pemantauan, jumlah gempa yang terekam masih cukup tinggi.

Oleh sebab itu, baik masyarakat, wisatawan, ataupun pendaki Gunung Dempo diimbau agar tidak beraktivitas dan mendekati area radius 1 Kilometer dari kawah Gunung Api Dempo, serta area bukan kawah sejauh 2 Kilometer ke sektor utara. Namun, bagi masyarakat yang tinggal di wilayah Gunung Dempo untuk tetap tenang dan tidak termakan isu-isu tentang erupsi Gunung Dempo, dan selalu mengikuti intruksi dan arahan dari BPBD Provinsi atau BPBD Kabupaten/Kota.

Baca Juga  RM. Haidar Lutfi SE : Kita akan Berusaha Untuk Meningkatkan dan Menciptakan Lapangan Kerja

“Jangan sampai kita tidak bisa mengantisipasi hal-hal tidak diinginkan, jangan sampai ada wisatawan yang tidak terinformasi dengan baik untuk menaiki Dempo, oleh karena itu kami juga mengharapkan mungkin nanti kedepannya akan memutuskan jalur-jalur aman dan jalur evakuasi agar tidak terjadi kepanikan,” pungkas Pj Walikota Yudha.

Bagi masyarakat yang ingin mengetahui informasi dan perkembangan terkini dari aktivitas vulkanik Gunung Dempo dapat diakses melalui website magma.esdm.go.id atau aplikasi android “Magma Indonesia”. (Repi)

Post ADS

Komentar