Nugal, Tradisi Unik Tanam Padi di Lubuk Raman Rambang Niru Menjadi Roh Tersendiri

Berita Utama795 Dilihat
Post ADS

Muara Enim Sumselpost.co.id – Nugal Tradisi unik menanam padi di Rambang Niru Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan yang dimiliki oleh Indonesia menjadi keunikan tersendiri. Nugal menanam padi merupakan tradisi turun temurun yang diwariskan oleh nenek moyang dalam rangka meningkatkan persaudaraan serta menghormati adat istiadat didesa nya.

Seperti yang dilakuan oleh masyarakat disebuah ladang masyarakat didesa Lubuk Raman Kecamatan Rambang Niru Kabupaten Muara Enim, pada Minggu (29/10/2023).

Pemilik sebuah ladang warga Desa Lubuk Raman Kecamatan Rambang Niru Patris, mengungkapkan, bahwa Nugal tanam padi di ladang sebagai bentuk persaudaraan serta kebersamaan dan tradisi ini telah diturunkan turun temurun dari nenek moyang kita sudah sejak lama, yang sebelumnya lahan ladang telah dibersihkan, lalu ditanam padi,”ujar Patris. Sementara turut hadir dalam kegiatan tradisi Nugal menanam padi tersebut, tokoh masyarakat Rambang yang juga sebagai ketua umum Presidium Pemekaran Kabupaten Rambang Lubai Lematang (RL2) Usman Firiansyah,SH, bersama istri, dan warga masyarakat lainnya.

Baca Juga  Sultan Palembang Tekankan Arti Penting Menjaga Arsip Untuk Membuka Sejarah Di Masa Lalu

“Ya, sebagai bentuk kebersamaan serta kepedulian terhadap ketahanan pangan masyarakat, kita membantu warga bercocok tanam padi dengan tradisi Nugal di kebun warga sebagai warisan turun temurun dari leluhur dan semangat bergotong royong yang terjalin melalui Nugal padi, tentunya menjadi Magnit tersendiri bagi masyarakat adat,”ucap Usman Firiansyah,SH.(29/10).

Ditambahkan Usman, Nugal tanam padi ini, masih dipertahankan sebagian masyarakat untuk melestarikan warisan dari nenek moyang, dan berharap jalinan kebersamaan melalui semangat bergotong royong dengan Menugal padi yang tentunya menjadi roh tersendiri bagi masyarakat.

Baca Juga  Kerukunan Pedagang Pasar Smep Siap Ciptakan Kesejukan Pemilu dan Jaga Stabilitas Perekonomian

“Semoga kelak hasil tanam padi melalui Nugal akan tumbuh subur dan mari jaga terus kebersamaan ini dengan baik, “pungkas tokoh masyarakat Rambang Usman Firiansyah.(29/10/2023).(JN*)

Post ADS

Komentar