Dukcapil Banyuasin Diakui Berikan Layanan Terbaik

Berita Utama558 Dilihat
Post ADS

Palembang, Sumselpost.co.id – Kinerja Dukcapil Banyuasin memang bukan kaleng-kaleng, sederet prestasi diraih berturut-turut sejak 2019. Tercatat Disdukcapil Kabupaten Banyuasin pada tahun 2019 mendapat Penghargaan Dukcapil Hebat, pada tahun 2021 meraih Penghargaan Dukcapil Bisa, lalu Penghargaan Pelayanan Prima Dukcapil pada tahun 2022.

Di tahun 2023, Kinerja Dukcapil Kembali diakui terbaik dengan diraihnya Penghargaan Dukcapil Prima yang diserahkan langsung Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian pada pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Rakornas Dukcapil) tahun 2022 digelar di Hotel Novotel, Palembang, Selasa (24/10).

Rakornas Dukcapil tahun 2023 ini merupakan upaya penguatan sinergi dalam pelayanan Dukcapil baik dari pusat sampai tingkat kabupaten sesuai dengan tema “Penguatan Dukcapil Untuk Pelayanan Publik dan Suksesnya Pemilu Serentak 2024.”

Baca Juga  PERHAPI Sumatera Selatan Raih Penghargaan Sebagai Pengurus Daerah Teraktif

Penjabat (Pj) Bupati Banyuasin, H. Hani Syopiar Rustam secara langsung menerima penghargaan “Dukcapil Prima Award” kategori Dukcapil Kolaboratif Tingkat Kabupaten dari Kementerian Dalam Negeri Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil. “Alhamdulillah penghargaan ini wujud dan karya nyata dari kinerja Dukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil) Kabupaten Banyuasin dalam pengadaan pelayanan yang sangat optimal kepada masyarakat,” jelasnya.

“Semoga dengan bertambahnya penghargaan ini dapat memberikan nilai lebih lagi kepada Dukcapil Banyuasin baik Kepala Dinas dan jajarannya dalam melayani masyarakat. Mari terus kita tingkatkan pelayanan yang telah ada dan menyukseskan pemilu serentak 2024,” tambahnya.

Hani menegaskan Pemerintah Kabupaten Banyuasin akan terus bersinergi dengan pemerintah pusat untuk meningkatkan terus pelayanan publik dan siap mensukseskan pemilu serentak 2024.

Baca Juga  Dua Orang Kades Raih Penghargaaan Kinerja Terbaik Se-Kabupaten Muara Enim

Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri RI, Teguh Setyabudi menyatakan bahwa rakornas ini diikuti oleh Aparatur yang menangani administrasi kependudukan di provinsi dan kabupaten/kota sebanyak 2000 peserta yang hadir langsung dan 1.000 peserta hadir secara daring.

Rakornas merupakan upaya menguatkan sinergi kinerja aparatur sipil negara dalam pendudukan dan pencatatan sipil baik di pusat maupun tingkat kabupaten. “Alhamdulilah rakornas ini dapat terselenggara dengan baik, semoga semua yang mengikuti rakornas ini dapat mengikutinya sampai selesai,” ujarnya.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian membuka Rakornas secara resmi, sebagai apresiasi atas prestasi dan kinerja jajaran Dukcapil Daerah, Tito menganugerahkan Dukcapil Awards kepada sejumlah daerah dengan kinerja terbaik.

Tito berpesan agar semua Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil seluruh Indonesia bersinergi dan saling menguatkan akan kekuatan data yang telah ada. “Saya bisa sampaikan bahwa Data Dukcapil sangat luar biasa, karena hanya data Dukcapil yang akurat dan bisa memback up dokumen penting lainnya dengan acuan dasar dari data dukcapil,” tutupnya.

Baca Juga  Diduga Korsleting Rumah Warga Koramil Lama Hangus Terbakar

Hadir para narasumber yang kompeten di antaranya Ketua Komisi II DPR, Ketua KPU, dan Pj. Gubernur Sumatera Selatan. Hadir pula dari Kemenkeu, Bappenas, Kemen-PAB RB, BSSN, Kemenlu, dan para Pejabat Eselon I dan II Kemendagri. ( ida)

Post ADS

Komentar