oleh

Sambut Ramadhan 1444 H, PBNU Luncurkan Fitur-Fitur Baru di NU Online Super App

-Nasional-187 Dilihat

JAKARTA,SumselPost.co.id – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama melalui Lembaga Ta’lif wan Nasyr (LTN) meluncurkan sejumlah fitur baru di NU Online Super App, aplikasi pendukung ibadah dan belajar Islam milik NU. Pembaruan ini dilakukan untuk kian melengkapi fitur-fitur sebelumnya dan mempermudah para pengguna dalam menyambut bulan suci Ramadhan 1444 H.

NU Online Super App kini memiliki sedikitnya 20 menu mulai dari Al-Qur’an, Jadwal Shalat, Ramadhan, Kalkulator Zakat, Kalender Hijriah, Maulid, Ziarah, hingga Haji & Umrah. Dalam versi terbaru 2.6.9 jelang Ramadhan ini, beberapa penambahan fitur meliputi penambahan audio murattal Al-Qur’an, terjemah Al-Qur’an multibahasa (Inggris, Prancis, Jerman, Turki, dan Indonesia), fitur zakat fitrah, serta penyempurnaan akurasi jadwal shalat untuk seluruh wilayah, di dalam maupun luar negeri.

“PBNU sedang dan terus berinovasi, termasuk dalam memberi layanan informasi keislaman kepada masyarakat. Ini adalah bagian dari komitmen menunaikan program transformasi digital dalam kepengurusan periode ini,” kata Ishaq Zubaedi Raqib, Ketua LTN atau Lembaga Infokom dan Publikasi PBNU di Jakarta, Selasa (21/3/2023).

NU Online Super App kali ini juga menyempurnakan fungsi sejumlah menu favorit para pengguna selama bulan Ramadhan. Pada menu Jadwal Shalat, pengguna bisa mengunduh jadwal imsakiyah, baik harian maupun sebulan penuh. Fitur yang sudah melalui tashih Lembaga Falakiyah PBNU ini melakukan penghitungan otomatis sesuai dengan koordinat lokasi pengguna. Data yang bakal ditampilkan adalah waktu shalat fardhu, juga waktu imsak, dhuha, dan terbit.

Menu bernama “Ramadhan” juga tak kalah lengkap. Fitur ini menyediakan berbagai konten seputar Ramadhan mulai dari niat puasa, amalan Lailatul Qadar, hingga bacaan bilal dan doa tarawih/witir. Ia juga menyajikan kumpulan kultum Ramadhan, khutbah Jumat Ramadhan, serta konten lainnya seputar zakat fitrah dan Idul Fitri. Kumpulan artikel seputar permasalahan fiqih puasa juga kian melengkapi fitur ini.

Baca Juga  Temui Korban Gempa, Puan Maharani Janji Kawal Bantuan Pemulihan Korban

NU Online Super App juga memfasilitasi para pengguna yang hendak menyalurkan zakat fitrah atau zakat mal secara digital melalui menu bernama “Zakat & Donasi”. Tak hanya itu, menu Kalkulator Zakat akan membantu mereka dalam menghitung komponen-komponen kekayaan wajib zakat, mulai dari sektor pertanian, perhiasan emas-perak, peternakan, tambak, perusahaan, hingga profesi.

Butuh panduan ibadah? Menu Tutorial Ibadah di aplikasi ini bisa membantu. Telah tersedia berbagai tuntunan ibadah, mulai dari bersuci, shalat, puasa, haji, umrah, hingga seputar ziarah dan kematian. Di samping berupa artikel, tutorial juga disediakan dalam bentuk video.

“Sebagai salah satu unit kerja LTN atau Lembaga Infokom dan Publikasi PBNU kami mendorong NU Online terus berinovasi dan beradaptasi dengan kebutuhan pengguna. NU Online Super App harus mampu jadi aplikasi ibadah dan belajar Islam terbaik,” kata Zubaedi.

NU Online Super App secara resmi diluncurkan PBNU dua tahun
lalu di Masjid Istiqlal Jakarta, persisnya pada 27 Februari 2021
bertepatan dengan harlah NU 16 Rajab 1442 H. Aplikasi
berbasis Android dan iOS ini telah diunduh lebih dari satu juta lewat Play Store, App Store, dan App Gallery; serta sudah dikunjungi atau digunakan sedikitnya 427 juta kali menurut data analitik terkini.(MM)

Post ADS Post ADS Post ADS Post ADS

Komentar