oleh

Rahidin Anang : Perspektif Peluang Kerja di Era Society 5.0 Sebuah Tantangan dan Harapan

Palembang, SumselPost.co.id-Universitas Palembang (Unpal) menggelar kuliah umum bertajuk “Perspektif Peluang Kerja di Era Society 5.0, Sebuah Tantangan dan Harapan” yang diselenggarakan di Universitas Palembang, Jumat (22/7/2022).

Kuliah umum diikuti oleh mahasiswa tingkat akhir sebanyak 276 calon sarjana baru yang diikuti secara langsung maupun via daring dengan menghadirkan narasumber Dr. H. Rahidin H. Anang, MS sebagai pakar komunikasi.

Dr. H. Rahidin H. Anang, MS mengatakan peluang kerja di era society 5.0 ini sangat menjamur bagi calon sarjana baru (new graduate candidate), dengan catatan mereka untuk memasuki era society 5.0 itu para calon sarjana baru harus mampu menyiapkan SDM yang unggul.

“Seharusnya calon sarjana baru itu, harus siap dimulai dari awal kuliah duduk di bangku kuliah wajib mahasiswa itu berkreatif, inovative serta bertransformative teknologi sampai meniti karir menjadi sarjana. Karena dibangku kuliah mahasiswa belum tentu mendapat materi kuliah apa yang dapat menjawab tantangan zaman seperti fenomena sekarang, maka dari itu selama menjadi mahasiswa harus aktif, kreatif, dan inovatif, ” ujarnya.

Lanjut rahidin h.anang mengatakan dengan munculnya era society 5.0 ini peluang untuk bekerja sangat banyak tergantung ke unggulan SDM para alumni baru, namun banyak juga jenis-jenis pekerjaan yang sudah usang akan tergerus akibat teknologi, paparnya.

“Kita harus akui kalau kita tidak mampu dan tidak siap untuk mengikuti perkembangan teknologi yang disebut IT Literacy, kita akan tergerus. Oleh sebab itu para calon alumni baru harus betul-betul menguasai teknologi itu”, bebernya.

Masih menurutnya, di era society 5.0 sekarang ada dua hal yang paling penting harus dikuasai calon sarjana baru yaitu kemampuan berkomunikasi dalam arti kata menguasai bahasa, dan mengusai teknologi itu yang paling penting, sebab sekarang ini sudah memasuki era komunikasi teknologi.

Baca Juga  Masukan INDEF untuk Kebijakan Ekonomi Pemerintah

“Ketika dua ini dikuasai oleh calon sarjana baru untuk menopang orang menjadi sukses. Sekarang sudah zamannya informasi teknologi (ICT). Lalu ia menegaskan, kata kunci era society 5.0 yaitu siap untuk hidup berdampingan dengan teknologi. Manusia harus mampu menguasai teknologi dan mampu menyatukan dunia maya dan dunia fisik dalam satu ruangan yang didkung oleh kecerdasan buatan (artificial inteligent).

“Mahasiswa harus banyak belajar, banyak membaca, banyak latihan, banyak mempunyai pengalaman. Sekarang ini kalau kita tidak mampu menggali potensi diri kita sendiri, sudah dapat dipastikan tidak akan mampu mengikuti perkembangan zaman dalam sebuah perubahan apa yang kita rasakan sekarang”, tutupnya.

Sementara itu, Wakil Rektor III Universitas Palembang (Unpal) Asri Mulyadi, ST., MT menambahkan kegiatan ini adalah kuliah umum yang diikuti oleh mahasiswa tingkat akhir yang calon sarjana baru Unpal.

“Kegiatan ini merupakan agenda tahunan kami, seperti biasa setiap akan melepas para mahasiswa calon alumni ini kami bekali dengan kuliah umum”, ujarnya.

Ia menambahkan, para calon sarjana baru sangat antusias mengikuti kuliah umum ini. Mengingat sosok narasumber Dr.Rahidin H.Anang, MS memiliki segudang pengalaman, serta pengalaman beliau sudah sampai ke tingkat nasional. Pihaknya sangat berterima kasih kepada narasumber atas kesediaanya mengisi kuliah umum ini.

“Kami ucapkan terimakasih kasih kepada narasumber sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik”, ujarnya.

“Kami berharap kedepannya mahasiswa dapat terus mengembangkan dirinya, berinovasi. Sehingga sudah siap menerima tantangan dalam menghadapi dunia kerja”, pungkasnya.( Ocha)

Komentar