Prabowo: Indonesia Berhasil Ciptakan Ketahanan Nasional di Tengah Tantangan Besar Global

Nasional803 Dilihat

MALANG, SumselPost.co.id – Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menegaskan bahwa Indonesia adalah salah satu negara yang berhasil menghadapi pandemi dan mengendalikan ekonomi di tengah segala tantangan besar yang ada di dunia saat ini. Hal ini menurut Prabowo, adalah wujud dari ketahanan nasional sebuah bangsa.

Prabowo mengatakan di dunia internasional, Indonesia dengan kepemimpinan Presiden Joko Widodo saat ini dinilai memiliki ketahanan nasional yang baik karena mampu mengendalikan pandemi Covid-19 dan perekonomian.

“Pemerintahan Joko Widodo dinilai oleh banyak negara di dunia. Kita dinilai termasuk negara yang berhasil menghadapi pandemi, berhasil mengendalikan ekonomi di tengah tantangan yang begitu besar,” ujarnya usai memberikan kuliah umum Ketahanan Nasional dalam Rapat Kerja Forum Dekan Ilmu-Ilmu Sosial Perguruan Tinggi Negeri se-Indonesia (Fordekiisi) di Universitas Brawijaya (UB) Malang, Minggu (3/7/2022).

Prabowo dalam kuliah umum tersebut menyampaikan arti penting dari ketahanan nasional bagi kalangan akademik. Hal tersebut terkait dengan posisi Indonesia dalam politik internasional.

Baca Juga  Puan: Masyarakat Menunggu Penuntasan Kasus Penembakan Brigadir J Secara Transparan

Menurut Prabowo, ketahanan nasional Indonesia dan potensi dari keunggulan bangsa yang ada saat ini sangat penting untuk diketahui dan dipelajari oleh akademisi dan generasi penerus masa yang akan datang.

“Saya kira sangat penting terutama di kalangan cendikiawan, akademisi untuk paham benar posisi kita. Kita negara sangat besar sangat kaya, dan kita cukup berhasil,” kata Prabowo.

Baca Juga  Survei TBRC: Tokoh Lokal yang Memperkuat Golkar dan Airlangga Hartarto

“Sebuah negara yang besar seperti Indonesia memiliki keunggulan dapat membangun ketahanan nasional dengan adanya sumber daya manusia yang unggul,” ungkapnya.

Komentar