Yenny Wahid : Keterlibatan Perempuan di Polri Baru 6 Persen Se – Indonesia

Nasional615 Dilihat

JAKARTA, SumselPost.co.id – Sebuah kehormatan berkesempatan terlibat dalam kegiatan yang berupaya meningkatkan Pelayanan Polri yang ‘Responsif Gender’ bersama dengan rekan – rekan Polwan, Wan TNI dan Unit PPA Polres, Polda se Indonesia. Eksistensi mereka menegasikan keterwakilan perempuan diperlukan untuk memberikan ruang aman, nyaman, dan perlayanan optimal masyarakat.

“Saya berbagi tentang fenomena “Glass Ceiling” yang masih menjadi salah satu hambatan internal perempuan menduduki institusi – institusi strategis di negara kita. Di samping juga hambatan eksternal, kultural dan struktural,” demikian ditulis Ketua Umum Konsorsium Kader Gus Dur, Zannuba Arifah Chafsoh itu dalam @yennywahid, pada Sabtu (22/1/2022).

Menurut data lanjut putri alm Gus Dur itu, representasi Polwan hanya 6 % di Indonesia, angka ini sangat jauh dari afirmasi kebijakan yang mendorong minimum 30 % keterwakilan perempuan. Padahal kehadiran perempuan di ranah publik sangat diperlukan. “Kita bisa belajar dari New York, yang menunjuk Keechant Sewell menjadikannya sebagai perempuan pertama yang memimpin kepolisian terbesar di Amerika. Saya kira di Indonesia bisa menciptakan peluang yang sama,” jelasnya.

Baca Juga  FPKB DPR: Antisipasi Guncangan Ekonomi, Pemerintah Diminta Perkuat Pendekatan Countercyclical

Menurut Yenny, keterwakilan perempuan dalam tubuh institusi strategi seperti Polri dan TNI ini menjadi kebutuhan bersama. Banyak permasalahan di masyarakat yang sebetulnya lebih bisa dihadapi dengan hadirnya Polwan dan Wan TNI di masyarakat, dan perlu direspon dengan baik secara responsif dan komunikatif. “Jadi adanya pelibatan perempuan secara lebih sistematis, sehingga ada aspirasi – aspirasi baru yang muncul dan mendapatkan tempat,” tambahnya.

Sebagai warga masyarakat dan sebagai seorang perempuan yang memerlukan palayanan, Yenny berharap kepentingan dirinya dan kaum perempuan lainnya akan lebih dilayani dengan hadirnya lebih banyak Polwan di institusi kepolisian,” pungkasnya.

Baca Juga  Inilah Respons Puan Soal Cuitan SBY yang Bertemu Megawati dan Jokowi Di Stasiun Gambir

 

Komentar