oleh

Pendaftaran PPDB Reguler SMK Dibuka Pada 17-18 Juni

PALEMBANG,SumselPost.co.id – Teknis Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMK tahun 2021 menurut juknis Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel dibagi dua jalur yakni jalur PMPA dan tes reguler. 

Kasi Peserta Didik SMK Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel, Dr. Kencana Sari,  M. Pd mengatakan, Teknis Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMK tahun 2021 menurut juknis Dinas Pendidikan Prov40rinsi Sumsel dibagi dua jalur yakni jalur PMPA dan tes reguler.  

Untuk  PPDB jalur PMPA sudah berjalan. Sosialisasi dilaksanakan pada 26 April-21 Mei, pendaftaran PMPA 24-28 Mei, seleksi berkas 31 Mei-4 Juni, Pengumuman 7 Juni dan daftar ulang 8-10 Juni.

“Bidang SMK, PPDB hanya dua jalur yakni PMPA atau jalur prestasi nilai dan  reguler, PPDB jenjang SMK memang ada perbedaan, pada jenjang SMA  pelaksanaan  PPDB acuan  lima jalur,” ujarnya saat diwawancarai diruang kerjanya, Kamis (20/5/2021).

Kencana menjelaskan, PPDB SMK tidak mengunakan jalur zonasi, dikarenakan keunikan jenjang SMK dipermudah bagi calon Siswa SMK 

untuk memilih sekolah yang berdasarkan minat, bakat dan kompetensi yang diinginkan, di tambah daya tampung jumlah SMK negeri di kota Palembang berjumlah 9 SMK  Negeri. 

“Dari 9 SMK yang ada di kota  Palembang.  Masing masing memiliki prodi atau jurusan yang berbeda – beda, diantaranya  prodi prodi atau jurusan elektronik, 

Multimedia (broadcasting, IT ) survey pemetaan,  akuntansi, Perhotelan, Tataboga, Tata busana, pertanian, dan prodi  lainnya. 

Kencana menerangkan, untuk tes reguler, pendaftaran dibuka pada tanggal 17-18 Juni, seleksi berkas 19-20 Juni, pengambilan nomor tes atau info lebih lanjut pada tanggal 21 Juni. 

Tes potensi akademik nanti tergantung pada sekolah apakah diselenggarakan secara daring atau tatap muka. 

Kalau tatap muka maka pelaksanaan tes nya dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat yakni harus memakai masker, menjaga jarak, dan siswa harus mencuci tangan. 

Kami sebelum pelaksanaan tentu melakukan monitoring dan minta izin dengan satgas covid-19. Seleksi minat bakat dilaksanakan pada 24-25 Juni, pengumuman pada 26 Juni dan untuk daftar ulang 30 Juni sampai 2 Juli.

Baca Juga  Komisi V DPRD Sumsel insentif Guru Honor Jangan di Ganggu

“Untuk tes reguler teknisnya pada pihak kepanitiaan  sekolah masing-masing, dengan pantauan Dinas Pendidikan Sumsel.

Kencana mengungkapkan, peluang masuk SMK itu, orientasinya lebih menjanjikan. Selanjutnya, siswa SMK diberi pembekalan soft skill dan hardskill ( praktek)   

Karena tujuan atau harapan dari Kementrian Pendidikan direktorat SMK  yakni pertama lulusan SMK dapat  diserap oleh dunia usaha  dan dunia industri. Kedua, siswa yang ingin melanjutkan potensinya selama di SMK  dapat melanjutkan ke Poltek ( terapan) atau Universitas.

Ketiga, siswa dapat mengembangkan  dunia usaha atau inovasi dari implementasi yang didapat dari sekolah atau menciptakan wirausaha karena SMK dituntut untuk mengembangkan dan menciptakan inovasi-inovasi,” pungkas Kencana. 

 

(Ocha)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *