oleh

Shin Tae-yong Diyakinin Boaz Mampu Bawa Timnas Juara

JAKARTA,SumselPost.co.id – Pelatih Timnas, Shin Tae-yong diyakini mampu membawa Indonesia menjadi juara suatu saat nanti. Hal itu dilontarkan eks pemain timnas era 2000-an, Boaz Solossa.

Boaz mengatakan hal itu karena melihat kejelian Shin Tae-yong dalam membaca karakter dan cara bermain pesepakbola-pesepakbola yang dipilih.

“Saya lihat kali ini Timnas agak merata ya. Merata dalam arti Shin memanggil pemainnya tidak lihat siapa yang terbaik. Tetapi dia memutuskan orang untuk melihat pemain-pemain yang punya kualitas,” kata Boas ketika ditemui di Hotel Mulia, Senayan, Kamis (29/4/2021).

“Saya lihat dia datang sempat polemik dengan beberapa pelatih soal cara passing, cara ini, dan itu. Saya rasa dia pelatih yang hebat. Dia salah satu pelatih dunia yang terbaik karena bisa melihat kualitas kita dari cara bermain kita,” dia menambahkan.

Terutama, puji pemain berusia 35 tahun itu, terkait kedisiplinan dan pola makan pemain. Tak hanya itu, Boaz juga menilai pemain-pemain yang dipilih Shin saat ini ialah benar-benar dari hasil seleksi.

“Kadang-kadang kan kenapa kok selalu pemain ini, pemain terus. (Tapi) akhirnya ada regenerasi yang baik. Saya sebagai pemain senior dan kapten di timnas, apapun yang dilakukan Shin Tae Yong saya selalu siap dukung. Saya rasa kalau kita mau sukses harus ada pelatih seperti dia,” ujarnya.

Hanya saja, Boaz menegaskan, pelatih yang bagus juga memerlukan waktu panjang untuk membawa timnya berprestasi. Tidak bisa pelatih datang kemudian hasilnya langsung kelihatan.

Sebelumnya, PSSI memang kerap mengganti pelatih Timnas karena terbeban dengan ekspetasi publik. Dari mulai Luis Milla, Simon Mcmenemy, hingga saat ini Timnas diambil alih Shin Tae-yong, pelatih asal Korea Selatan.

“Jadi harus butuh proses dan harus dipertahankan. Menurut saya di salah satu pelatih yang baik. Dia pernah mengalahkan Jerman dan pasti punya kemampuan yang bagus. Apa yang dia miliki pasti akan dia berikan ke kita, Timnas. Tinggal bagaimana adik-adik (di Timnas) menerima cara dan porsi latihannya,” dia menurutkan.

Ia juga meyakini jika Shin terus dipertahankan hingga beberapa tahun ke depan maka perlahan tapi pasti akan membuahkan hasil yang positif.

(medk

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *