oleh

Anggota DPR FPDI-P: Vaksin AstraZeneca Halal untuk Keselamatan Manusia

JAKARTA,sumselpost.co.id – Muchamad Nabil Haroen (Gus Nabil) Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PDI Perjuangan meminta semua mendukung program vaksinasi. Dimama Pemerintah telah bekerja keras untuk menuntaskan program vaksinasi agar sesuai target.

“Tentu, vaksinasi menjadi langkah penting untuk pengendalian pandemi. Jadi, mendukung program vaksinasi juga sesuai nilai-niai agama, yakni menjaga kemanusiaan, menjaga keselamatan bersama,” demikian Gus Nabil, Jumat (19/3)..

Menurut Ketua Umum PP Pagar Nusa.NU itu, vaksin Astrazeneca dan Sinovac yang digunakan pemerintah Indonesia, itu hukumnya boleh digunakan. Bahkan MUI Pusat telah memberikan fatwa bahwa vaksin Sinovac hukumnya halal dan suci, sedangkan vaksin AstraZeneca meski ada unsur haram dalam pembuatan, tapi boleh digunakan sebagai obat.

“PWNU Jawa Timur menyampaikan bahwa vaksin AstraZeneca pada bagian akhirnya halal dan bisa digunakan sebagai vaksin. Jadi jelas, bahwa kedua vaksin ini boleh digunakan,” jelas Gus Nabil.

Karena itu, ia berharap tak ada lagi yang menyebar fitnah dan kabar bohong bahwa vaksin yang tidak jelas sumbernya.

Namun, meski sudah divaksin, masyarakat harus terus menjaga protokol kesehatan dan selalu mengontrol diri. “Disiplin akan protokol kesehatan dan menjaga diri, merupakan kunci keberhasilan kita bersama-sama mengatasi pandemi ini,” pungkasnya.(MA)

 

Baca Juga  Ketua DPD RI Dukung Pembangunan Perumahan untuk Masyarakat Papua

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *