oleh

PVBSI: Aprilia Bisa Masuk Timnas Voli Putri Berdasarkan Dokumen Negara

-Olahraga-76 views

JAKARTA,SumselPost.co.id – Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PP PBVSI) menjelaskan alasan memasukkan Aprilia Manganang ke Timnas voli putri. Dokumen negara dasarnya.

Aprilia berubah status sebagai laki-laki setelah dibantu TNI AD mengumumkan identitas barunya. Sebelumnya, ia lebih dikenal sebagai atlet voli putri yang kerap malang melintang di Proliga dan Timnas voli di kancah internasional.

Akan tetapi perubahan statusnya itu ternyata tak diketahui sama sekali oleh PBVSI. Sebab, Aprilia sendiri telah mengundurkan diri dari dunia voli sejak tahun lalu.

“Pertama, kami mendukung penuh keputusan yang diambil Aprilia dan difasilitasi KSAD mengenai perubahan dari putri ke putra. Itu hak pribadi Aprilia sendiri.” kata Ketua bidang V PP PBVSI, Hanny Sukarty, dalam jumpa pers virtual Kamis (11/3/2021).

“Kedua, Aprilia Manganang sudah mengundurkan diri dari voli sejak tahun lalu. Yang ketiga sebelum tahun 2020 kami mewakili PBVSI, kita itu menempatkan Aprilia sebagai putri karena berdasarkan dokumen negara berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), dan paspor.” jelasnya.

Hanny sekaligus menjelaskan soal identitas gender Aprilia selama tampil di berbagai kompetisi dan multievent internasional. Menurutnya, tidak ada masalah sebab selama pemeriksaan hasilnya menyatakan dia perempuan.

Termasuk saat SEA Games 2015 Singapura, Komite Panitia Penyelenggara menyatakan Aprilia adalah perempuan.

“Kebetulan KONI hadir dalam proses itu dan hasilnya Aprilia bisa main sebagai atlet putri karena berdasarkan hasil tersebut menyatakan demikian. Tim negara lain juga menerima hasil tersebut dan dia main di SEA Games Singapura serta 2019 Malaysia. Sementara untuk SEA Games Filipina 2019, dia tidak main karena cedera. Tapi dia sempat main liga Thailand, dan sampai saat itu tak ada masalah.” ujarnya.

Baca Juga  Jersey Persija Laku Keras Usai Juara Piala Presiden

“Nah, setelah ada berita Aprilia melakukan operasi corrective surgery dan mungkin setelah beberapa tahun kedokteran lebih canggih sehingga menemukan Aprilia sebagai pria.” kata Hanny lagi.

 

(Dtk)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *