oleh

BPNB Sumbar dan Disbud Palembang, Siap Berkolaborasi Dalam Even Kegiatan

PALEMBANG,SumselPost.co.id – Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Sumatera Barat (Sumbar) diketuai Kasubag TU BPNB Sumatera Barat Titit Lestari, S.Si bersama tim peneliti dari BPNB Sumbar melakukan kunjungan ke Dinas Kebudayaan kota Palembang, Senin (1/3/2021).

Dalam kunjungan tersebut mereka didampingi oleh Penggiat Budaya, utusan Dirjen Kebudayaan  Kemendikbud RI, Wanda Lesmana dan diterima langsung oleh Kepala Dinas Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud) Kota Palembang Hj Zanariah S.I.P .Msi.

Kasubag TU BPNB Sumatera Barat Titit Lestari, S.Si mengatakan, kedatangan mereka ke Palembang untuk mengajak Dinas Kebudayaan kota Palembang melakukan kolaborasi dalam beberapa even kegiatan  yang ada di BPNB Sumbar.

Titit Lestari, S.Si mengungkapkan adanya keinginan BPNB Sumbar selaku koordinator wilayah Bengkulu, Sumatera Selatan dan  Sumatera Barat, dimana Palembang salah satu wilayah yang diampuh  BNPB Sumbar.

“Program yang dicanangkan BPNB Sumbar diantaranya kegiatan pendokumentasian pembuatan film jalur rempah yang nantinya menjadikan Palembang sebagai tuan rumah dimana menggali potensi jalur rempah yang ada di Palembang,

mulai dari hulu hingga perjalanan proses jalur rempah seperti damar, lada dan sebagainya yang berasal dari daerah-daerah diluar Palembang sehingga  sampai di Palembang dinarasikan menjadi sebuah dokumenter film,” katanya.

Selain itu terdapat program lain BPNB Sumbar seperti pembuatan live podcast di Youtube yang akan diharapkan bisa menjadi sasaran kepada para milenial di Sumatera Selatan khususnya di Palembang.

“BPNB Sumbar juga akan melakukan kajian ziarah kubro  dimana proses penelitian tersebut  dilakukan oleh BPNB Sumbar  melibatkan masyarakat, komunitas, budayawan, sekaligus sejarawan yang ada di kota Palembang  yang akan di laksanakan di akhir bulan Maret ini,” kataanya.

BPNB Sumbar juga melakukan pengecekan bagaimana tahapan pokok-pokok pikiran kebudayaan daerah (PPKD) di kota Palembang dan sampai sejauh mana proses tindaklanjut dan revisi daripada PPKD  tersebut,

Baca Juga  BEM KM UNSRI Gelar Aksi Bagi - bagi Masker dan Sembako Di Simpang Lima DPRD

sehingga memberikan masukan-masukan yang terbaik  agar nantinya PPKD  kota Palembang ini bisa menjadi sebuah naskah  maupun blue print yang dapat diserahkan kepada Pemerintah Kota Palembang nantinya PPKD menjadi acuan  atau panduan dalam  pembangunan kebudayaan di kota Palembang.

Sedangkan Kepala Dinas Kebudayaan Kota Palembang Hj Zanariah S.I.P .Msi. mengapresiasi kedatangan pihak BPNB Sumbar diketuai Kasubag TU BPNB Sumatera Barat Titit Lestari, S.Si.

Dinas Kebudayaan kota Palembang menurutnya siap berkolaborasi dengan kegiatan yang dilakukan BPNB Sumbar.

 

(Dk)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *