oleh

DPRD Sumsel Nilai Sejumlah Perusahaan di Sumsel Belum Miliki Srikat Pekerja

-Politik-12 views

PALEMBANG,SumselPost.co.id – DPRD Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) melihat sejumlah perusahaan di Sumsel belum memiliki serikat pekerja, padahal  itu amanat dari UU No 21 Tahun 2000  tentang Serikat pekerja/Serikat, yang mengamanatkan setiap perusahaan itu harus ada serikat pekerja.

“Karena serikat pekerja itu adalah bentuk dari  kebebasan berserikat dan berkumpul , kita menghimbau dari Komisi V DPRD Sumsel, untuk seluruh perusahaan yang ada di Sumsel untuk menerapkan peraturan itu,” Kata Ketua Komisi V DPRD Sumsel Susanto Adjis, Kamis (25/2/2021).

Menurutnya, Serikat pekerja/serikat buruh didefinisikan sebagai organisasi yang dibentuk dari, oleh, dan untuk pekerja/buruh baik di perusahaan maupun di luar perusahaan, yang bersifat bebas, terbuka, mandiri, demokratis,

dan bertanggung jawab guna memperjuangkan, membela serta melindungi hak dan kepentingan pekerja/buruh serta meningkatkan kesejahteraan pekerja/buruh dan keluarganya.

Selain itu, menurutnya, setiap pekerja/buruh memiliki hak untuk membentuk dan bergabung dengan serikat pekerja/serikat buruh.

Serikat pekerja/serikat buruh berhak untuk memungut iuran dan mengelola serta bertanggung jawab atas keuangan organisasinya, termasuk pengelolaan anggaran aksi.

Pengusaha harus memberikan kesempatan kepada pengurus dan anggota serikat pekerja/serikat buruh untuk melaksanakan aktivitas serikatnya dalam jam kerja sesuai kesepakatan kedua pihak dan/atau sesuai aturan dalam Perjanjian Kerja Bersama.

Sembari menurutnya menunggu pemberlakukan undang-undang Omnibus Law.

“Kita belum tahu pasti perusahaan yang belum memiliki serikat pekerja, tapi dari beberapa kali kunjungan Komisi V DPRD Sumsel yang kita temukan itu,

padahal berserikat dan berkumpul itu harus dan amanat undang-undang  dan harus dibentuk itu disetiap perusahaan,” kata politisi PDI Perjuangan ini.

 

(Dk)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *