oleh

Dinas Perhubungan Prov Sumsel Sosialisasikan Izin Trayek Angkutan Sungai dan Danau

-Sumsel-19 views

PALEMBANG,SumselPost.co.id –Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumsel Ari Narsa JS bersama Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Sumsel dan instansi terkait lainnya melakukan sosialisasi penerbitan surat

dan danau antar kabupaten dan kota di Sumsel bertempat di Dermaga Speadboat 16 Ilir Palembang, Rabu (23/2/2021).

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumsel Ari Narsa JS mengatakan, hari ini pihaknya melakukan sosialisasi izin trayek untuk kelengkapan dan persyaratan angkutan sungai dan danau.

“Ini salah satunya izin trayek dan izin yang lainnya. Melalui sosialisasi ini diharapkan para pengemudi angkutan air atau disebut serang,  yang belum mengurus  dan tidak memiliki perizinan segera mengurus izin trayeknya,” ujarnya.

“Kepada para pengemudi angkutan air atau serang untuk segera mengurus perizinannya. Kami harapkan setiap kapal yang beroperasi untuk angkutan penumpang atau barang,

untuk sadar bahwa keselamatan dan kelancaran penumpang ini adalah hal utama. Dengan adanya kelengkapan kaal, diharapkan penumpang aman, nyaman dan In Sya Allah selamat sampai tujuan.

Kami sebagai pemerintah bertugas melayani bapak bapak dalam mengurus izinnya. Kami juga jemput bola mempermudah segala perizinan, tidak akan mempersulit birokrasi, ” tambahnya.

Lebih lanjut Ari menegaskan, pengemudi angkutan air atau serang harus mengurus  perizinan ini.

“Mereka harus mengutamakan persyaratan pokok yang harus dilengkapi. Perizinan angkutan sungai ini sesuai Perda nomor 5 tahun 2012 tentang perizinan pokok tertentu. Mereka harus menyetor ke retribusi daerah,” paparnya.

“Kita menghimbau kepada sopir speadboat untuk segera melengkapi izin, jangan sampai mereka berusaha tapi kapalnya tidak berizin. Setelah sosialisasi ini, kita melakukan penindakan serang serang yang tidak berizin, bila perlu kita kandangkan,” tegas Ari.

Di masa pandemi covid-19 ini,  Ari menghimbau agar penumpang angkutan air mengutamakan protokol kesehatan dengan menerapkan 3M yakni memakai masker,  menjaga jarak dan mencuci tangan.

Baca Juga  Gubernur HD, Dengarkan Paparan Program Prioritas Bupati PALI

Sementara itu,  Kepala Sat Pol PP Provinsi Sumsel Aris Saputra menambahkan, hari ini melakukan sosialisasi untuk angkutan air spead yang melintas di provinsi Sumsel baik yang dikota Palembang maupub kabupaten.

“Artinya semua spead angkutan air harus membuat surat izin lintasan trayek sesuai Perda Nomor 5 tahun 2012 tentang retribusi perizinan tertentu dan Pergub nomor 12 tahun 2015 tentang angkutan sungai dan danau di Sumsel,” katanya.

“Maksud dan tujuan disini dengan didata,  izin trayek ini kita tahu jumlah angkutan spead diperairan Sungai Musi ini.

Kita juga dapat memberikan pelayanan untuk keselamatan di dermaga dermaga. Keselamatan perjalanan mereka akan terjamin. Izin trayek yang kita sosialisasikan hari ini untuk kepentingan masyarakat,

dan pemerintah selalu hadir ditengah masyarakat untuk pelayanan terbaik, perlindungan terbaik,  keamanan masyarakatnya.  Kita sambut baik apa yang dilakukan Dishub ini.

Kami Sat Pol PP Sumsel siap mendukung menertibkan ini dalam rangka pembinaan, edukasi kepada masyarakat Provinsi Sumsel,” kata Aris.

“Setiap sosialisasi peraturan butuh waktu.  Artinya per 1 Maret nanti semua angkutan sungai harus mengurus izinnya. Dishub sudah memberikan pelayanan dengan menjemput bola.  In Sha Allah akan terlaksana dengan baik,” tandasnya.

Kabid Perhubungan Laut dan SDP Dishub Palembang Nihar Hamzah menuturkan,  izin trayek ini angkutan perairan ini sudah sesuai aturan.

“Angkutan perairan yang melayani kepentingan publik, pelayanan umum diatur dengan lintasan trayek.  Dalam arti kata, dari titik keberangkatan dan sampai tujuan harus diatur sedemikian rupa,” paparnya.

Dia mengungkapkan, pengawasan dalam angkutan Sungai ini belum optimal. Kedepan dengan seiring sinergi Pemprov, Pemkot dan Stakeholder terkait, penertiban angkutan sungai agar lebih baik.

“Sehingga masyarakat yang menggunakan angkutan air ini lebih terlindungi dan terlayani dengan baik,” pungkasnya.

Baca Juga  Selama Pengasingan SMB II Diperlakukan Sebagai Saudara Oleh Sultan Ternate

 

(Ocha)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *