oleh

Dirjen Hubdat Lakukan Serah Terima e-Blu Reader untuk Memperkuat Sarana Keselamatan Transportasi

BEKASI,sumselpost.co.id –  Guna memperkuat sarana di bidang keselamatan, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan pada Rabu (17/2) lakukan serah terima e-Blu Reader kepada 25 Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD), Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ) dan Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI-STTD).

“e-BLU Reader ini merupakan Alat identifikasi Bukti Lulus Uji Elektronik (BLUe) sebagai pendukung pelayanan Penerbitan Bukti Lulus Uji Elektronik (BLUe) yang dapat membantu mempermudah pengawasan terhadap maraknya pemalsuan Bukti Lulus Uji Berkala Kendaraan Bermotor oleh pihak pihak yang tidak bertanggung jawab,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi.

Menurut Dirjen Budi, hal ini sangat merugikan masyarakat dan pemilik kendaraan yang tidak mengetahui adanya pemalsuan BLUe tersebut dan tentunya sangat berdampak terhadap terjadinya kecelakaan.

“Dengan adanya serah terima e-BLU Reader ini, Ditjen Perhubungan Darat akan terus berupaya membangun program-program untuk meningkatkan keselamatan dan pelayanan di Lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat yang lebih cepat, transparan, akuntabel, dan terintegrasi,” tegas Dirjen Budi.

Lebih lanjut, Dirjen Budi menegaskan seperti yang telah diprogramkan oleh Direktorat Sarana Transportasi Jalan yang tujuannya untuk percepatan dalam peningkatan kompetensi Penguji Kendaraan Bermotor dan upaya dalam meningkatkan keselamatan lalu lintas jalan guna mendukung Program Indonesia Bebas ODOL (Over Dimension Over Loading) Tahun 2023.

“Apabila melihat kondisi saat ini, jumlah Unit Pelaksana Uji Berkala Kendaraan Bermotor (UPUBKB) yang terakreditasi masih sangat terbatas di beberapa wilayah di Indonesia. Oleh karena itu saya sangat mendukung program pemenuhan fasilitas dan peralatan untuk pengujian berkala kendaraan bermotor seperti kendaraan uji keliling. Sehingga pelayanan uji berkala masih dapat diselenggarakan secara efektif dan efisien,” kata Dirjen Budi.

Baca Juga  Prof. Firmanzah Meninggal, Partai Demokrat Berduka

Penyerahan Sejumlah Peralatan Keselamatan Ke Daerah

Bersamaan dengan acara serah terima e-BLU Reader juga dilakukan penyerahan secara simbolis Retro Reflector Meter, Kendaraan Uji Keliling, dan Kendaraan Operasional untuk Peningkatan Pelayanan Bidang Sarana.

Dalam laporannya Direktur Sarana Transportasi Jalan, M. Risal Wasal mengatakan, “Retro Reflector Meter adalah alat yang bertujuan untuk membantu memastikan Alat Pemantul Cahaya yang terpasang pada kendaraan sesuai dengan Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat. Adapun pada hari ini sebanyak 26 unit Retro Reflector Meter diserahkan kepada BPTD (Balai Pengelola Transportasi Darat), Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB), dan Kepolisian Republik Indonesia,” tutur Risal.

Selain itu juga dilakukan penyerahan Unit Pemeriksa Laik Fungsi Kendaraan Bermotor Non Statis atau disebut dengan Kendaraan Uji Keliling sebanyak 5 (lima) unit kepada BPTD Wilayah XIII Provinsi NTT, BPTD Wilayah XIV Provinsi Kalimantan Barat, BPTD Wilayah XX Provinsi Sulawesi Tengah, BPTD Wilayah XXII Provinsi Sulawesi Utara, dan BPTD Wilayah XXV Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat;

“Serta penyerahan sebanyak 30 (tiga puluh) unit Kendaraan Operasional untuk peningkatan pelayanan bidang sarana kepada Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) dan Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB),” ucap Risal.

Adapun kegiatan lainnya yang dilakukan dalam rangkain kegiatan hari ini yakni Capacity Building yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari sejak Selasa (16/2) kemarin dengan memberikan materi tentang pelatihan Kendaraan Peningkatan Pelayanan Bidang Sarana (Kendaraan Uji Keliling) dan penggunaan e-BLU Reader . Selanjutnya pada hari ini Rabu (17/2) dilanjutkan dengan Capacity Building Safety Driving Kendaraan Listrik sebagai komitmen pemerintah untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Risal mengatakan pada kesempatan yang baik ini juga akan dilakukan sosialisasi peraturan alat pemantul cahaya, yang dilanjutkan dengan Demo Penggunaan alat uji alat pemantul cahaya serta coaching clinic safety driving kendaraan listrik.

Baca Juga  Ketua DPD RI Sampaikan Duka untuk Jatuhnya Sriwijaya Air SJ 182

Dengan adanya kegiatan ini, Dirjen Budi juga berharap masyarakat dapat memanfaatkan berbagai kemudahan pelayanan dan semua pihak yang berkontribusi di dalamnya dapat terus berinovasi dengan memanfaatkan kemajuan-kemajuan Bidang Teknologi Informasi agar bermanfaat bagi kehidupan bermasyarakat dan bernegara di Indonesia yang tercinta ini.

“Tidak lupa juga saya mengimbau kepada para Kepala BPTD dan jajarannya untuk segera menindaklanjutinya dan bekerjasama dengan Dinas Perhubungan setempat untuk segara mengoperasikan seperti Kendaraan Uji Keliling yang diberikan untuk meningkatkan kinerja dan keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan,” tegas Dirjen Budi.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Direktur Prasarana Transportasi Jalan, Popik Montanasyah, Para Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) se-Indonesja, Kepala Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB), Yusuf Nugroho, Direktur Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI-STTD), Hindro Surahmat, dan Perwakilan Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan, Abdul Haris Firmansyah.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *