oleh

Ketua MPR Minta Pemerintah Tingkatkan Testing Covid-19

JAKARTA, sumselpost.co.id – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendorong pemerintah melakukan terobosan dengan meningkatkan pelaksanaan testing covid-19 bagi seluruh masyarakat Indonesia dan agar dilakukan secara berkala, dan memberikan kesempatan bagi warga yang kurang mampu untuk mengikuti tes secara gratis, sehingga upaya penanganan kasus positif covid-19 dapat dilakukan lebih cepat dan tepat.

Hal itu diungkapkan Bamsoet, Selasa (22/12) terkait jumlah testing covid-19 harian tergolong rendah, namun positivity rate atau rasio positif terhadap covid-19 di Indonesia mencapai rekor 27,6 persen pada 21 Desember 2020.

Pemerintah kata Bamsoet juga harus selalu memetakan wilayah-wilayah yang memiliki positivity rate tinggi, dan lebih memaksimalkan upaya penanganan covid-19 di daerah-daerah tersebut. “Pemerintah mesti gencar dalam melakukan upaya tracing dan treatment, sehingga penyebaran covid-19 dapat lebih ditekan,” tambahnya.

Namun demikian kata Bamsoet, pemerintah harus tetap berpedoman pada standar yang ditetapkan oleh World Health Organization/WHO dalam menentukan jumlah testing, yaitu minimal 1/1000 dalam satu pekan, sehingga dengan jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 270 juta jiwa, maka pemeriksaan orang harus mencapai 270 ribu jiwa dalam waktu satu pekan.

 

Baca Juga  FPKB DPR Sebut Setoran Deviden dan Pajak BUMN Ke Kas Negara Belum Ideal

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *